5 Faktor Penting Pilih Gereja yang Tepat Supaya Bertumbuh Dalam Iman

5 Faktor Penting Pilih Gereja yang Tepat Supaya Bertumbuh Dalam Iman

Admin Spiritual Official Writer
6928

Gereja adalah tubuh Kristus. Itu dapat saja terdiri dari dua atau tiga persekutuan orang Kristen yang berada di rumah sederhana atau bahkan di ruang gedung yang memuat ribuan orang dengan ibadah yang indah. Berdasarkan Matius 18:19-20, selama orang Kristen berkumpul didalam nama Tuhan Yesus, Tuhan akan berada di tengah-tengah di tengah perkumpulan tersebut.



Kenapa Keanggotaan Gereja Itu Penting?
Sebagai seorang Kristen, persekutuan atau fellowship dengan sesama umat menjadi hal yang esensi dan penting bagi pertumbuhan rohani (Ibrani 10:25). Kamu seharusnya tidak mengisolasi diri dari tubuh Kristus yang lainnya. Sebaliknya membagikan karunia dan hikmat kebijaksanaan sehingga orang lain mendapatkan manfaat dari keberadaanmu (1 Korintus 12:7).

Penyembahan bersama-sama menyatukan hati dan suara umat dalam puji-pujian. Mendengarkan Firman Tuhan secara bersama-sama akan menghidupkan dan memberi makan spirit dan roh. Berdoa bersama-sama akan mendorong untuk bisa membagikan beban kehidupan yang ada. Akhirnya, mendengarkan kesaksian orang lain akan menguatkan iman percaya kepada Tuhan.


Baca Juga: Ini 5 Prediksi yang Diperkirakan Terjadi Pada Gereja Satu Tahun Dari Sekarang


Gimana Memilih Gereja Lokal yang Tepat?
Memilih gereja yang tepat adalah satu dari keputusan yang amat penting yang pernah dibuat dalam hidupmu dan keluarga. Yang diperlukan adalah meminta tuntunan Roh Tuhan dalam memilih berdasar 5 faktor penting berikut:

1. Fellowship, Kekerabatan atau Kebersamaan

Jika kita sedang mencari gereja yang aktif, carilah gereja yang menciptakan persekutuan yang berkala dan rutin. Kita mungkin juga mengingini gereja dimana ada beragam kegiatan diadakan seperti klub anak-anak, klub anak remaja, piknik gereja, sekolah Alkitab dimusim liburan dan juga perjalanan misi. Studi Alkitab atau persekutuan di rumah adalah bahan kunci menciptakan persekutuan yang amat berarti. Mereka akan menguatkan imanmu dan mengijinkanmu menciptakan hubungan yang abadi dengan sesama orang percaya. 

2. Kepemimpinan

Apakah kamu dapat menghormati gembala gereja atau pendeta?. Apakah pemimpin gereja mendemonstrasikan gaya hidup yang baik yang sesuai dengan hidup rohaninya? (Ibrani 13:17). Setiap orang yang terlibat dalam kepepmimpinan gereja seharusnya mengetahui dan mengenal Tuhan dan percaya dalam kebenaran yang terdapat dalam FirmanNya untuk menentukan langkah hidupnya.

 

Baca Juga: Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

 

3. Pelayanan

Cari dan lihatlah tempat dimana kamu tidak hanya dilayani namun juga melayani. Temukan bagaimana kamu dapat menggunakan karunia, talenta yang ada dan mulailah melayani orang lain. Disamping membutuhkan guru dan penyanyi, banyak gereja membutuhkan orang-orang yang mempunyai kemampuan organisasi, kepemimpinan dan kemampuan perencanaan. Ini yang harus diberikan jika kamu mempunyai talenta di bidang tersebut. 

4. Doktrin

Pilihlah gereja yang percaya bahwa Roh Kudus masih bekerja dalam kehidupan orang Kristen hingga hari ini. Pandangan ini termasuk kepercayaan terhadap kuasa doa untuk pertobatan dan keselamatan, kesembuhan dan interventi langsung Tuhan dalam kehidupan manusia. Waktu untuk penyembahan, pujian dan doa seharusnya menjadi sentral utama dari suatu ibadah. Kamu juga boleh mempertimbangkan pernyataan gereja tentang iman pada Tuhan.  

5. Ukuran Gereja

Dua hal seharusnya menuntunmu ketika memutuskan apakah bergabung dengan gereja yang besar atau kecil : "Roh Kudus" dan "kebutuhan spesifikmu dan keluarga". Ada keuntungan bergabung baik itu gereja besar maupun gereja yang kecil. Keintiman yang ada dalam gereja kecil memberikan kesempatan lebih terhadap kepedulian secara individu dan seringkali memberimu peluang lebih baik untuk membangun hubungan dengan jemaat yang lainnya. Gereja yang lebih besar mempunyai sumber daya yang lebih banyak untuk menangani proyek yang lebih besar dan biasanya menawarkan jenis kegiatan yang lebih luas dan peluang pelayanan yang beragam untuk jemaatnya.

 

Baca Juga: Gereja yang Dewasa Adalah Gereja yang Punya 6 Karakter Seperti Gereja Kisah Para Rasul Ini

 

Akhirnya, harusnya menyembah Tuhan di tempat dimana kamu bisa merasakan kehadiran dan kuasa Tuhan. Melalui Tuhan, kamu akan membangun dirimu jadi pribadi yang sesuai kehendak-Nya dan siap berhadapan dengan tantangan kehidupan. Dan sebagai jemaat yang aktif dalam keluarga gereja, hidupmu akan semakin kaya melalui kuasa transformasi yang ada dalam penyembahan kepada Tuhan secara kesatuan.

Sumber : Nath - CBNI
Halaman :
1

Ikuti Kami