Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

Lori Official Writer
7214

Siapa bilang rumah ibadah hanya dibangun di atas tanah yang rata saja? Buktinya Gereja Oikumene Soteria ini dibangun di kedalaman 1600 meter di bawah permukaan tanah.

Gereja ini berada di lokasi tambang terbesar di dunia Deep Mill Level Zone (DMLZ) PT Freefort Indonesia (PTFI), Tembagapura, Papua. Diresmikan tepatnya pada tahun 2015. Ruangannya memiliki kapasitas tampung sampai 200 orang. Rumah ibadah ini merupakan fasilitas ibadah bagi karyawan PTFI sendiri yang bekerja di bawah dasar tambang.

Sementara untuk jadwal ibadah Minggu di gereja ini sudah diatur oleh Badan Musyawarah Antar Gereja. Pengkhotbah yang melayani di gereja ini setiap minggunya juga sudah didaftar lebih dulu. Kalau pendeta yang ditugaskan berhalangan di ibadah Minggu, maka khotbah akan digantikan oleh pengurus gereja setempat.

 

Baca Juga: Ditata Indah, Kawasan Menara Salib Ini Jadi Ikon Baru Kota Wamena

 


Bukan hanya gereja saja, PTFI juga membangun rumah ibadah untuk umat Muslim tepat di samping Gereja Oikumene Soteria. Masjid ini juga sama-sama memiliki kapasitas tampung hingga 200 orang. Sampai saat ini kedua umat beragama yang beribadah di sana tampak hidup saling berdampingan.

 

Baca Juga: Salib Ditaruh Dalam Tempayan, Keunikan Tersendiri Dari GKI Ararat Papua

 

Sebagai satu-satunya rumah ibadah yang dibangun di kedalaman perut bumi, PTFI bahkan mendapat penghargaan Piagam MURI dari Museum Rekor Indonesia. Keberadaan kedua rumah ibadah ini dianggap adalah sebagai bentuk untuk menciptakan kerukunan antarumat beragama.

Pasti jadi pengen ke sana kan? Mudah-mudahan bisa ya.

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

DAFTAR DI SINI

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami