#RIP Raditya Oloan, Pendeta yang Radikal Jangkau Anak Muda Untuk Menjadi Utuh dan Asli
Sumber: Jawaban.com

News / 7 May 2021

Kalangan Sendiri

#RIP Raditya Oloan, Pendeta yang Radikal Jangkau Anak Muda Untuk Menjadi Utuh dan Asli

Lori Official Writer
5812

Tepat pada Kamis, 6 Mei 2021 sore umat Kristen berduka atas kepulangan pendeta muda Raditya Oloan Panggabean, yang merupakan suami dari artis peran Joanna Alexandra.

Kabar duka ini disampaikan secara publik oleh musisi Echa Soemantri melalui IG story miliknya pada malam sekitar pukul 19.00 WIB. Sementara pihak keluarga, khususnya Joanna, masih belum bisa dimintai keterangan terkait berita tersebut saat itu. Namun kabar itu akhirnya dibenarkan oleh rekan sepelayanan Raditya Oloan dari Gereja JKI Muda, Hysua Alamanda.

"Gone too soon kak @radityaoloan, gatau mau bilang apa. Aku sedih banget, belum sempat cerita kehidupan pernikahan, sudah pergi saja kak," tulis Hysua di Instastory-nya@mandahysua, Kamis malam.

Tak lama kemudian, media-media membenarkan kabar tersebut. Segera setelah itu, postingan gambar yang disertai ucapan belasungkawa dari netizen dan akun lembaga dan pelayanan Kristen semakin ramai di sosial media.

 

Baca Juga : Dijuluki ‘Empowering People’, Demikian Ucapan Duka Dari Rekan Terdekat ke Raditya Oloan

 

Covid dan Kondisi Kritis

Kondisi kesehatan yang semakin memburuk menjadi penyebab kematian Raditya Oloan. Awalnya Raditya dinyatakan positif Covid-19 meski sempat menjalani isolasi mandiri di rumah, kondisinya justru semakin buruk. Hingga dia terpaksa harus dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran, rumah sakit darurat Covid pada Senin, 13 April 2021.

Sehari setelah dirawat, dia harus masuk IGD dan IMCU karena sulit bernapas dan harus dipasang ventilator.

Setelah melewati masa kritis, kondisi Radit semakin membaik. Bahkan dia dinyatakan negatif setelah menjalani tes Swab pada Sabtu, 1 Mei 2021. Meski negatif, rupanya virus Covid sempat menyerang bagian organ tubuh lain sehingga dia kembali mengalami infeksi pernapasan dan juga gangguan ginjal.

 

Baca Juga: Dibalik Masa Kelam Joana Alexandra dan Raditya Oloan

 

Hal inilah yang disampaikan oleh sang istri Joanna melalui Instagram-nya.

"Kondisinya post-covid dengan komorbid asma, and he is going through a cytokine storm yang menyebabkan hyper-inflamation in his whole body...ditambah lagi ada infeksi bakteri yang lumayan kuat (but not as strong as my Father tentunya!!!!). Oia dan sementara ini Radit lagi CVVH karena ginjalnya lagi kurang berfungsi dengan baik," tulis Joanna.

Joanna tak lupa meminta dukungan doa dari semua pihak terkait kondisi yang dialami suaminya. Namun Tuhan berkehendak lain, kondisi Radit semakin kritis dan menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 6 Mei 2021 sore.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Perjalanan Pelayanan

Perjalanan iman Raditya Oloan terbilang menarik. Bersama sang istri Joanna Alexandra, dia mulai mengalami pertumbuhan yang radikal di dalam Tuhan setelah menjalani masa mudanya dengan kenakalan, lantaran saat itu Radit masih jadi seorang DJ. Jadi hidupnya tak jauh dari narkoba, minum-minuman dan dunia malam. Bahkan dia harus nikah muda lantaran Joanna hamil di luar nikah.

Namun Tuhan akhirnya menangkap hati Radit dan mengubahkannya sepenuhnya. Perlahan Tuhan memakai Radit melayani di media. Pelayanan pertamanya dimulai sebagai Host program Solusi Life News CBN Indonesia pada tahun 2013 silam, setelah kisah kesaksian hidupnya diangkat dalam tayangan Solusi. Hal ini bahkan disampaikan oleh Radit di salah satu IGTV-nya.

Dari sana Radit semakin mendalami kehidupan di dalam Tuhan. Dia lalu memutuskan untuk membangun Gereja JKI Muda yang fokus pada pelayanan anak-anak muda.

Pada tahun 2017, Radit kembali diminta menjadi Host program Generasi Zeru yang sekarang dikenal dengan Superyouth. Sembari menjalani pelayanan ini, dia mengembangkan penggembalaan gerejanya dan gerakan pemulihan generasi muda secara online melalui akun Muda Untuk Indonesia. Pelayanan ini dikenal dengan slogan yang disematkannya yaitu #menjadiutuhdanasli.

 

Baca Juga: Raditya Oloan : Bukan Menjauhi Dosa, Tapi Mendekat Kasih Yesus

 

Nama Raditya Oloan pun semakin dikenal luas di kalangan anak-anak muda Indonesia melalui pelayanan pemuridan yang dibangunnya dengan konsisten. Melalui kisah hidupnya dan berbagai sharing kebenaran yang dia bagikan lewat platform online, Muda Untuk Indonesia terus berkembang dan banyak anak-anak muda mengalami pertumbuhan di dalam iman dan menjadi utuh dan asli di dalam Tuhan.

 

Tuhan terlebih sayang kepada pendeta muda, yang dikalangan pelayanan anak muda disebut-sebut sebagai 'empowering people' itu. Di usianya yang terbilang muda, dia sudah menyelesaikan tugas pelayanannya di dunia dengan baik.

Di akhir hidupnya, Radit meninggalkan istri dan empat orang anaknya. 

Sementara rencana pemakaman akan dilakukan di San Diego Hills Memorial Park, Karawang, Jawa Barat pada Minggu, 9 Mei 2021. Menunggu waktu pemakaman, jasadnya disemayamkan di Rumah Duka Sentosa di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Selamat jalan Raditya Oloan, apa yang sudah kamu tabur dalam kebaikan dan kebenaran akan jadi benih yang membakar semangat generasi muda untuk mengasihi Tuhan secara radikal. Sampai bertemu di keabadian.

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami