Filosofi Kopi, Belajar Makna Hidup Lewat Secangkir Kopi

Filosofi Kopi, Belajar Makna Hidup Lewat Secangkir Kopi

Lori Official Writer
10668
Setelah menyelesaikan ‘Cahaya Dari Timur Beta Maluku’, Sutradara Muda Angga D Sasongko kini siap menampilkan karya terbarunya ‘Filosofi Kopi’. Bila film sebelumnya berbicara soal isu sosial, Angga kembali menggarap film yang diangkat dari novel karya Dewi Lestari ini dengan pesan yang kuat soal pencarian makna kehidupan.    

Filosofi Kopi dimainkan oleh tiga nama artis sebagai pemeran utama, yaitu Chico Jerikho, Rio Dewanto dan Julia Estelle. Film ini berkisah tentang kehidupan dua sahabat Ben (Chicko Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto). Ben adalah barista atau peracik kopi yang handal yang mencoba membangun kedai kopi warisan ayah Jody. Ben telah tinggal selama 18 tahun bersama keluarga Jody dan disekolahkan oleh ayah Jody sendiri. Setelah ayah Jody meninggal, mereka baru mengetahui sang ayah banyak meninggalkan hutang. Sehingga kedai kopi tersebut menjadi andalan untuk melunasi hutang senilai ratusan juta tersebut.

Kemahiran Ben dalam meracik kopi menjadi andalan mereka untuk memajukan usaha kedai kopi yang diberi nama ‘Ben Perfecto’. Filosofi Kopi menampilkan perjuangan Ben sebagai barista kopi terbaik di nusantara. Hingga pada akhirnya ia menemukan makna hidup dibalik pekerjaannya itu.

Sedang karakter El (Julia Estelle) tidak begitu kuat untuk masuk kedalam alur cerita. Sebab karakter tersebut sebenarnya bukan karakter asli yang diciptakan dari versi novel yang ditulis Dewi Lestari. Penambahan karakter wanita ini terlihat seperti penyeimbang dari dua karakter pria yang keren, Jody dan Ben.

Meski alur ceritanya terkesan sangat sederhana, tapi film ini mencoba menyampaikan banyak hal, khususnya bagi Anda pecinta kopi akan memahami bagaimana secangkir kopi dibuat, kemudian menceritakan berbagai momen dengan kesan berbeda bagi tiap penikmatnya hingga nilai rasa kopi yang sangat ditentukan dari takaran bahan yang digunakan.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai kopi, mungkin akan merasa film ini begitu membosankan. Tetapi penonton bisa mendapatkan pesan lain seperti pesan moral tentang kekeluargaan, persahabatan, passion dan kesederhanaan.

Selain ini, penonton juga akan dibawa mengenang kembali sejarah kehadiran kopi di tanah air. Film ini menampilkan tempat-tempat dengan panorama indah kaki gunung seperti di perkebunan Malabar di Pandeglang dan perkebunan kopi di daerah Yogyakarta, Jember, Semarang dan Sumatera Utara.

Penasaran dengan Filosofi Kopi? Segera nikmati tayangannya serentak dibioskop mulai 9 April 2015.


Filosofi Kopi

Sutradara : Angga Dwi Sasongko

Pemain : Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Julie Estelle, Jajang C. Noer, Slamet Rahardjo

Genre : Drama

Studio: Visinema Pictures

Tanggal Rilis : 9 April 2015

Durasi : 117 menit

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami