10 Ayat Alkitab Tentang Gosip yang Perlu Orang Kristen Tahu!
Sumber: Shutterstock

Kata Alkitab / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

10 Ayat Alkitab Tentang Gosip yang Perlu Orang Kristen Tahu!

Budhi Marpaung Official Writer
143165
Semua orang pernah mengalami dampak buruk dari gosip. Meskipun orang-orang yang membicarakan tidak merugikan secara langsung, tetapi hasil dari gosip selalu merusak kepercayaan dan menyakiti perasaan. Gosip dapat didefinisikan sebagai informasi tentang perilaku atau kehidupan pribadi orang lain, yang seringkali tanpa berdasarkan kebenaran yang sepenuhnya. Firman Tuhan memperingatkan kita untuk menjauh dari orang-orang yang bergosip dan menjaga kata-kata ketika kita berbicara tentang orang lain!

Alkitab juga menggunakan kata fitnah yang berarti mengucapkan pernyataan palsu untuk merusak reputasi seseorang. Fitnah dapat menghancurkan pernikahan, pekerjaan, kekayaan, dan keluarga seseorang. Lidah memiliki kekuatan dan kita harus berhati-hati dengan cara kita menggunakan kata-kata. Alkitab mengatakan kata-kata apa yang harus kita ucapkan dan yang tidak seharusnya.

 

Baca Juga: Cenderung Terintimidasi, Lakukanlah Ini Jikalau Kamu Dihakimi dan Digosipi Oleh Orang Lain

 

Kalau kamu sedang berjuang dengan gosip atau mengenal seseorang yang banyak bergosip, pelajari ayat-ayat Alkitab dan pilihlah untuk membantu menghentikan itu.

1. Efesus 4: 29

Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

2. Keluaran 23: 1

Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar.

3. Yakobus 1: 26

Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.

4. Yakobus 4: 11

Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya.

5. Amsal 10: 18

Siapa menyembunyikan kebencian, dusta bibirnya; siapa mengumpat adalah orang bebal.

 

Baca Juga: Salah Satu Kebiasaan Buruk di Alkitab, Begini 4 Cara Hadapi Teman yang Suka Julid 

 

6. Amsal 16: 28

Orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib.

7. Amsal 20: 19

Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut.

8. Mazmur 34: 14

Jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu terhadap ucapan-ucapan yang menipu...

9. Mazmur 141: 3

Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku!

 

Baca Juga: Fitnah dan Gosip, Toxic Paling Berbahaya Dalam Kekristenan. Begini Dampak Buruknya…

 

 

10. Amsal 18: 6-7

Bibir orang bebal menimbulkan perbantahan, dan mulutnya berseru meminta pukulan. Orang bebal dibinasakan oleh mulutnya, bibirnya adalah jerat bagi nyawanya.

 

Semoga di masa-masa ini, kita bisa menggunakan lidah sebagaimana Tuhan ciptakan. Namun, kiranya itu tidak berhenti di bulan ini saja, tetapi berlanjut terus setiap harinya di dalam kehidupan kita.

 


Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

DONASI

Sumber : biblestudytools.com
Halaman :
1

Ikuti Kami