Desa Ini 14 Hari Terisolasi Karena Badai Seroja, Warganya Cari Makan Sampai ke Hutan Loh!

Desa Ini 14 Hari Terisolasi Karena Badai Seroja, Warganya Cari Makan Sampai ke Hutan Loh!

Lori Official Writer
1167

 

Siklon tropis Badai Seroja yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyisakan kisah pilu. 

Seperti dilaporkan oleh tim OBI, warga di Desa Kabanda dan Desa Persiapan Praikalumbang, Sumba harus terisolasi selama 14 hari pasca badai mengerikan itu. Selama dua pekan tersebut, warga sama sekali belum mendapatkan bantuan karena akses yang terputus.

Sementara kebutuhan akan sandang dan pangan sangat mendesak. Sehingga warga terpaksa harus mencari makan ke hutan demi memenuhi kebutuhan keluarganya.

Untungnya, Tim OBI bekerja sama dengan Sumba Volunteer berhasil menembus akses menuju Desa Kabanda. Mereka pun menyalurkan bala bantuan yang pertama kali kepada warga setempat. 

Bukan hanya membagikan kebutuhan sembako, tetapi Tim medis juga memberikan pelayanan kesehatan kepada sebanyak 260 warga yang mengalami gangguan kesehatan pasca badai, seperti luka berat dan ringan, demam, batuk, flu, gatal-gatal serta sakit lambung. 

 

Baca juga: Kesaksian Keluarga Korban Bencana Badai Seroja NTT

 

Selain itu, tim juga memberikan pelayanan trauma healing kepada sebanyak 140 anak di desa tersebut.

Tim OBI juga turut prihatin lantaran sebagian besar warga kehilangan rumahnya karena Badai Seroja. Sehingga warga terpaksa harus mengungsi ke tempat lain. 

Sampai saat ini, akses jalan menuju dua desa tersebut masih sulit karena sebagian besar masih tertimbun longsor. Warga juga masih belum bisa berbagi informasi ke luar wilayah lantaran jaringan telepon dan internetnya mati total.

Mari terus mendukung saudara-saudara kita di NTT. Mereka masih membutuhkan uluran tangan kita. Jika kamu tergerak untuk berpartisipasi meringankan sebagian beban mereka. Salurkan bantuan kamu ke BCA 522.0309.446 An. Yay Cahaya Bagi Negeri Ind atau via www.jawaban.com/donasi.

 

Baca juga: Terimakasih Mitra CBN! Berkat Anda, Anak-anak di NTT dapatkan Trauma Healing!

 

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami