Aneka Ragam Makanan Tradisional Paskah Dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Enak?

Aneka Ragam Makanan Tradisional Paskah Dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Enak?

Lori Official Writer
231

Kalau di Indonesia, perayaan Paskah sendiri hanya identik dengan telur rebus. Biasanya telur ini akan dibagikan kepada setiap jemaat gereja sebelum atau sesudah ibadah. Selebihnya, paling keluarga akan merayakan Paskah dengan makanan nusantara yang biasanya juga dihidangkan di acara Natal atau Tahun Baru.

Tapi berbeda dengan Indonesia, rupanya momen Paskah ini dianggap spesial bagi berbagai belahan negara lainnya. Bagi mereka, Paskah adalah hari istimewa yang patut dirayakan dengan menu yang spesial. 

Untuk itulah, mereka akan selalu menyediakan menu tradisional Paskah mereka untuk dinikmati di hari kemenangan tersebut bersama orang-orang terkasih.

Apa aja makanan tradisional Paskah di berbagai negara, yuk cari tahu di sini.

Spanyol – Roti Paskah (Torrijas)

Selama perayaan Semana Santa atau minggu suci, Spanyol biasanya akan dibanjiri dengan beragam kuliner seperti permen warna warni dan yang paling khas adalah roti Paskahnya yang juga disebut dengan Torrijas. 

Torrijas adalah irisan roti yang agak basi, yang sebelumnya direndam dalam susu, gula dan rempah-rempah selama semalam. Setelah itu dicelupkan ke dalam telur dan digoreng dengan minyak zaitun sampai renyah dan berwarna coklat keemasan. 

Ada juga varian roti Torrijas yang lain dimana pembuatannya direndam bukan dengan susu melainkana anggur, sirup atau madu. 

Biasanya setelah Torrijas matang, sebelum dimakan roti ini akan ditaburi gula kayu manis lebih dulu. 

Yunani – Tsoureki dan Telur Merah

Pengaruh budaya Ortodoks memang sangat kuat di Yunani. Jadi gak heran kalau selama masa Pekan Suci Paskah, masyarakat akan sibuk menghidangkan roti Tsoureki yang dikombinasi dengan telur merah. 

Tsoureki sendiri adalah roti yang diperkaya dengan telur, dibuat dari untaian adonan yang dikombinasikan. Cita rasa roti ini semakin kaya karena dibuat dengan dua rempah tradisional Yunani yaitu damar dan mahlab. Tapi kadang juga diberi tambahan kapulaga.

Lalu di perayaan Kamis Putih, orang-orang Kristen Yunani biasanya akan merebus dan mewarnai telur dengan warna merah tua, sebagai lambang dari darah Kristus.

Telur ini biasanya jadi hiasan untuk roti Tsoureki yang manis.

 

Baca Juga: Berbagai Makanan Paskah Khas Indonesia

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami