10 Kebiasaan Buruk yang Banyak Orang Lakukan Sehari-hari, Kamu yang Mana?

10 Kebiasaan Buruk yang Banyak Orang Lakukan Sehari-hari, Kamu yang Mana?

Lori Official Writer
529

Sadar atau gak, waktu menjalani kehidupan sehari-hari kita sering kali melakukan kebiasaan buruk. Kelihatannya sih sepele tapi rupanya kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan justru bisa berisiko sama kesehatan loh!

Penasaran kan apa aja kebiasaan yang rupanya buruk buat kesehatan. Yuk dicek di bawah ini.

1# Membunyikan Jemari

Sebagian orang suka merelaksasi bagian tangan dengan menekuk jemari dan membunyikannya. 

Tapi tahukah kamu kalau ternyata kebiasaan ini kurang baik kalau dilakukan terlalu sering. Kenapa?

Alasan utamanya adalah karena saat membunyikan jemari maka produksi cairan yang disebut sinovial akan  meningkat dan membuat persendian tangan mudah bergerak. 

Cairan ini diproduksi waktu kita membunyikan buku jari. Nah, kalau kita terlalu sering melakukannya kemungkinan besar tangan kita akan bengkak dan cengkeraman tangan akan semakin lemah. 

Jadi, sangat dianjurkan hanya melakukannya sekali-kali saja.

2# Mengigit Kuku

Apa kamu orang yang suka menggigit bagian kuku waktu sedang menonton atau menyimak sesuatu? 

Kamu perlu tahu kalau kebiasaan menggigit kuku bisa merusak gigi dan bantalan kulit bagian kuku dan menyebabkan infeksi. 

Selain itu, kamu juga bisa terjangkit bakteri atau virus karena waktu menggigit kuku tanganmu bisa saja kotor. Jadi supaya lebih aman, ada baiknya menghindari kebiasaan ini.

3# Pasang Headphone Full Volume

Suara yang aman didengar di telinga diukur dalam decibel. Volume suara saat berbicara normalnya adalah sekitar 60 desibel. Karena itu sangat dianjurkan untuk selalu mendengarkan suara, termasuk saat memasang headphone dengan volume di bawah 75 desibel.

Juga sangat dianjurkan untuk tidak memasang headphone lebih dari beberapa jam. 

Inilah alasan kenapa kebiasaan mendengar headphone dengan full volume buruk bagi telinga. Saat seseorang mendengar headphone dengan volume di atas 75 desibel dan dalam waktu yang cukup lama, bisa dipastikan kemungkinan rusaknya gendang telinga hingga kerusakan permanen. 

Jadi, dengan mengetahui risiko ini anak-anak muda yang suka dengar musik kencang lewat headphone atau earphone bisa mengubah kebiasaannya.

4# Duduk Dalam Waktu yang Lama

Kebanyakan masyarakat kita saat ini bekerja menatap layar. Itu artinya kita dituntut untuk bekerja dengan posisi duduk sepanjang hari.

Tahukah kamu, kebiasaan terlalu lama duduk rupanya bisa berakibat fatal loh bagi kesehatan. Salah satu dampaknya adalah bisa memperlambat metabolisme tubuh, sakit jantung, infeksi kandung kemih, sakit punggung, nyeri pinggang dan sebagainya.

Karena itu sangat dianjurkan untuk selalu bergerak setiap dua jam sekali selama bekerja. Pastikan untuk beranjak dari tempat duduk dan melakukan aktivitas lain seperti mengambil minum, ke toilet atau berjalan selama 2 sampai 5 menit.

Tuntutan bekerja di depan layar setiap hari tentunya sangat berisiko. Karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga atau latihan peregangan otot setiap hari.

 

Baca Juga: Sudah Teruji! 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Hidup Sehat Ala Alkitab

 

5# Makan Terlalu Banyak

Apakah kamu orang yang gak bisa tahan tanpa mengunyah sepanjang waktu? 

Kalau kamu adalah orang yang doyan maka, sekalipun makan makanan sehat, harus tahu kalau dampak terlalu banyak makan rupanya berbahaya. 

Bukan saja hanya meningkatkan berat badan, tapi makan terlalu banyak bisa juga menyumbang risiko kesehatan seperti serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan parahnya bisa jadi pemicu munculnya sel kanker.

Jadi, sebelum kamu memuaskan keinginan lidah dengan mengunyah makanan apapun yang terlihat mending pikir-pikir lagi. Pastikan porsi makanmu setiap hari selalu teratur supaya tubuh tidak menanggung kelebihan beban dari makanan yang kamu konsumsi.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami