Sudah Teruji! 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Hidup Sehat Ala Alkitab
Sumber: Realita.co

Health / 16 March 2020

Kalangan Sendiri

Sudah Teruji! 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Hidup Sehat Ala Alkitab

Lori Official Writer
11843

Rata-rata manusiasaat ini hanya bisa hidup sampai di umur 70 tahun paling lama. Yang sudah mencapaiusia 50 tahun ke atas pun sudah mulai mengalami tanda-tanda penurunan kemampuannya.

Banyak orangyang mulai jatuh sakit dan sekarat dengan beragam penyakit-penyakit tak biasa yangmulai marak di masa-masa ini. Seperti halnya penyakit kanker, lambung, usus danpenyakit langka lainnya. Penyebab utama kemerosotan kesehatan yang kita alami saatini berasal dari kebiasaan hidup yang kurang baik. Seperti, merokok, makan-makananyang tidak halal, kurangnya olahraga, dan mengkonsumsi minuman berkarbonasi yang sangat buruk.

Berdasarkanpola hidup kekristenan, kita diajarkan tentang metode hidup sehat yang sangat alkitabiah.Salah satu ayat yang akan selalu mengingatkan kita untuk tetap menjaga kesehatantubuh adalah berasal dari ungkapan ‘Tubuhmu adalah baitRoh Kudus’ (1 Korintus 6: 19)

Untuk hidupsehat, kita tidak cukup hanya mengkonsumsi satu jenis makanan sehat untukmembersihkan tubuh kita selama 21 hari. Atau bergabung dalam sebuah komunitas fitness untuk membuat kita termotivasi menurunkan berat badan.

Tapi kesehatansejati itu sebenarnya berasal dari kebiasaan hidup kita sehari-hari, baik itu soaljenis makanan yang kita makan, kebiasaan berolahraga dan bagaimana cara kita melindungi tubuh dari berbagai pengaruh buruk lingkungan.

Daniel adalahsalah satu sosok di Alkitab yang banyak mengajarkan kita tentang kesehatan. Metodenyaberpuasa telah mengilhami jutaan orang Kristen untuk mengembalikan kesehatan mereka.Saat kamu membaca kisahnya, kamu akan menemukan bahwa kunci kesehatan sejati yang diperoleh Daniel berasal dari 5 kebiasaan ini.

1. Mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat

Orang-orangyang berumur panjang mempertahankan kesehatan tubuhnya dengan kebiasaan mengkonsumsimakanan sehat. Biasanya makanan ini harus bersifat organik (atau dibiakkan secaraliar di alam bebas). Makanan organik yang dikonsumsi pun harus mengandung nutrisi seimbang seperti mineral, vitamin, protein, enzim, serat dan lemak.

Sebenarnya taksulit mendapatkan jenis makanan organik ini. Jika kamu tinggal di desa, semuasumber makanan ini tersedia secara berlimpah dan murah. Tapi kalau kamu tinggaldi kota besar, satu-satunya cara untuk tetap menikmati makanan-makanan organik adalah dengan memiliki kebun sayur sendiri atau memelihara hewan ternak sendiri.

Untukalasan apapun, orang sehat tidak akan pernah berkompromi dengan makanan lainselain makanan organik. Mereka sebisa mungkin akan menghindari makanan olahan seperti tepung dan gula.

“Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan:tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.” (1 Korintus 6: 13)

Baca Juga : Inilah 7 Superfood yang Tercatat di Alkitab, Obat Sehat Alami Ala Surga

2. Menjaga pikiran dengan berfokus pada kebenaran firman Tuhan

Kita tahu bahwahal-hal negatif yang masuk ke dalam pikiran secara otomatis akan mempengaruhi pikiran.Saat pikiran terpengaruh, maka dampaknya bisa berimbas kepada kesehatan fisik. Entahitu menyebabkan stres, frustrasi, atau bahkan kanker. Selain itu, kondisi hidup seperti beban masalah juga sangat memungkinkan untuk merusak kesehatan.

Hal inilah yangditekankan dalam Amsal 4: 20-23, bahwa dengan berfokus pada firman Tuhanlah kitabisa membentengi pikiran dari pengaruh buruk. Semakin kita banyak membaca danmerenungkan firman Tuhan, semakin kuat pula pagar pikiran kita menangkap serangandari hal-hal negatif yang merusak. Jadi, Daniel sendiri sudah membuktikan hal ini.

“Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlahtelingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu,simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi merekayang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka. Jagalah hatimudengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” (Amsal 4: 20-23)

3. Rajin berolahraga mendukung kesehatan dari dalam dan luar tubuh

Dalam 1Timotius 4: 8 dituliskan kalau ‘Latihan fisik itu baik bagi tubuh tapi latihan rohanipun jauh lebih berguna’. Itu artinya meskipun kita harus lebih banyak melatih kerohanian, kita juga butuh latihan fisik.

Mengambil waktusetiap hari dengan banyak bergerak bisa membantu tubuh bergerak aktif. Misalnya,berlari, mengangkat beban, melatih pernafasan atau melambung. Setidaknya orang-orang sehat melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

4. Punya komunitas atau pergaulan yang luas

Gak dimungkirikalau hidup sendiri justru akan membuat seseorang mengalami penurunan kesehatan.Hal inilah yang dianggap kurang efektif bagi mereka yang memilih hidup tanpa menikah.

Bahkan Alkitabmenyampaikan kalau dua itu lebih baik daripada seorang diri. Lihatlah cara hidup orang-orang sehat yang lebih cenderung bergaul dengan orang lain.

“Janganlah kita menjauhkan diri daripertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapimarilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10: 25)

5. Sehat bicara soal iman

Imanlahyang membuat kita sehat. Daniel membuktikan bahwa hanya dengan mengkonsumsi sayur-sayuransaja, dia justru jauh lebih gemuk. Tentunya hal itu dibarengi dengan iman atau keyakinannyabahwa kalau Tuhan sendiri yang menyuruhnya melakukan apa yang benar dimataNya,maka Dia akan memberkati. Bahkan Yesus pun melakukan mujizat kesembuhan hanyadengan menanyakan orang-orang yang disembuhkanNya satu pernyataan. “Imanmu sudah meyembuhkanmu”.

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jikaengkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaanAllah.” (1 Korintus 10: 31)

Jika kamu inginmengalami kesehatan sejati yang alkitabiah, cobalah melakukan kebiasaan ini setiaphari selama 40 hari. Dan perhatikanlah perubahan yang terjadi atas tubuhmu. Tertantangmulai melakukannya sejak hari ini?

Baca Juga : Ngga Usah Panik, Wanita Amerika Yang Pulih Dari Corona Ini Berbagi Tips

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami