Webinar Memulai Investasi Saham Dengan Mudah Sesuai Firman Tuhan Bersama Juhono Sudirgo

Webinar Memulai Investasi Saham Dengan Mudah Sesuai Firman Tuhan Bersama Juhono Sudirgo

Claudia Jessica Official Writer
580

Selain beranggapan investasi itu sulit dan butuh modal yang besar, kamu mungkin merasa ragu. Apakah investasi saham itu sesuai dengan Firman Tuhan?

Sebelum mulai membagikan cara berinvestasi dengan cara yang mudah, Juhono Sudirgo, seorang pakar keuangan sekaligus Founder & Senior Partner di PT. FAST Solusi Indonesia membagikan hal yang menjadi dasar bagi orang Kristen melakukan investasi.

Perumpamaan tentang talenta dalam Matius 25 mengisahkan tentang tiga orang hamba diberikan talenta. Dua diantaranya mengembangkan dan melipatgandakan talenta yang diberikan sedangkan satu hamba lain menyia-nyiakan talentanya. Hamba yang melipatgandakan talenta disebut sebagai hamba yang baik dan setia, tentu kita juga mau menjadi hamba yang baik dan setia, bukan? Sedangkan hamba yang membiarkan talenta disebut sebagai hamba yang jahat.

Dalam Matius 25: 27 Tuhan berkata pada hamba jahat itu “Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya.”

Tuhan mau kita bertanggung jawab terhadap keuangan dengan melipatgandakan apa yang Ia berikan. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Namun sebelum memulai investasi, kita harus belajar terlebih dahulu agar hal tersebut tidak menjadi spekulasi dan mengandalkan “untung-untungan”. Matius 13: 47 mengatakan, “Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan.” Artinya, investasi bukanlah spekulasi.

Sebelum memulai investasi, Juhono mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Tujuan Investasi

Tujuan berinvestasi adalah mengalahkan inflasi, bukan memenuhi keinginan untuk menjadi kaya. 1 Timotius 6: 9 mengatakan, “Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.”

Inflasi adalah naiknya harga barang atau jasa di suatu negara dalam jangka waktu panjang atau berkelanjutan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara ketersediaan barang dan uang.

Gambar: Contoh Inflasi.


2. Tentukan Estimasi Waktu

Investasi digambarkan seperti berkebun. Kamu harus memilih bibit yang tepat sesuai dengan jangka waktu yang kamu tentukan.

Reksadana pasar uang dan deposito adalah investasi jangka pendek yang diibaratkan seperti memanen jagung yang hanya membutuhkan waktu singkat untuk menuai hasil panennya.

Investasi jangka menengah berkisar 2-4 tahun bisa dilakukan dengan melakukan investasi logam mulia, obligasi, reksadana pendapatan tetap,  dan lain-lain. Investasi jangka menengah diibaratkan seperti menanam buah yang membutuhkan waktu beberapa tahun hingga dapat dipanen.

Investasi jangka panjang digambarkan seperti pohon jati yang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun membuahkan hasil yang besar. Investasi jenis ini biasanya dilakukan pada saham, reksadana saham, properti, bisnis, dan lain-lain.

Tugas kita adalah memilih bibit yang baik.

Gambar: Investasi diibaratkan dengan berkebun.


Baca juga:

Tertarik Main Saham Karena Lagi Hype? Hindari Lakukan 5 Kesalahan Ini…

Ini Loh Cara Berinvestasi yang Benar Seperti Diajarkan Yesus


3. Profil Risiko

Hati-hati dengan investasi bodong! Banyak orang bilang “high return high risk”, namun menurut Juhono, istilah yang tepat adalah “high return high risk”. Mengapa demikian? Ia menyebutkan bahwa investasi yang berisiko tinggi, belum tentu akan menghasilkan return, inilah yang dinamakan investasi bodong. Namun hasil yang tinggi, pasti memiliki risiko yang tinggi.

Gambar: Profil risiko


Grafik di atas menunjukkan, semakin tinggi return yang mungkin didapat, maka resiko yang mungkin kita terima juga tinggi. Karena itu, penting untuk melihat dan menganalisa profil risiko sebelum melakukan investasi.

Jika kamu ingin menonton webinar solusi talks “Memulai Investasi Saham Dengan Cara Mudah”, jadilah mitra CBN. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan konten eksklusif lainnya dari kami. Kamu juga bisa mengikuti webinar lainnya secara gratis apabila telah menjadi mitra CBN selama 3 bulan. Daftarkan dirimu DI SINI.


Baca juga:

Solusi Talks #BeraniBergerak: Mulai Investasi Saham Dengan Cara Mudah

Belajar Dari Pengalaman Ini Yuk, Biar Gak Kejebak Investasi Bodong

Webinar Memulai Investasi Saham Dengan Mudah Sesuai Firman Tuhan Bersama Juhono Sudirgo

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami