Solusi Talks #BeraniBergerak: Mulai Investasi Saham Dengan Cara Mudah

Solusi Talks #BeraniBergerak: Mulai Investasi Saham Dengan Cara Mudah

Puji Astuti Official Writer
503

Orang Kristen boleh main saham? Itu mungkin pertanyaan banyak orang percaya. Hal ini dijawab dengan lugas oleh Juhono Sudirgo, pakar keuangan, founder & senior partner di PT FAST Solusi Indonesia dalam webinar Solusi Talks “Memulai Investasi Saham Dengan Mudah.” 

“Jangan, saham bukan mainan, saham itu investasi,” demikian ujarnya pada webinar Jumat (5/3/2021). 

Lalu bagaimana dengan menjadi trader? Ia menjelaskan bahwa hal ini juga boleh, karena profesi trader saham itu sama dengan pedagang lainnya, tentu harus menguasai ilmu dan keahliannya. 

Bicara tentang memilih saham, Juhono memberikan ilustrasi dari Matius 13:47-48 tentang memisahkan ikan yang baik dan tidak, hal yang sama juga dalam investasi harus bisa memilah mana saham bagus dan tidak.

Untuk investasi sendiri, Juhono mengingatkan bahwa tujuannya bukanlah untuk menjadi kaya (1 Timotius 6:9). Tujuan yang benar dari investasi adalah untuk mengalahkan inflasi. Untuk itu, ia memberikan sebuah strategi dalam berinvestasi, yaitu dengan akronim TEPAT. 

Tujuannya apa?

Estimasi waktu berapa lama?

Profil risiko seperti apa?

Alokasi aset dimana saja?

Tinjau berkala

Buat mereka yang memiliki modal yang terbatas, serta tidak memiliki waktu dan kemampuan untuk mengelola investasi, maka Juhono menyarankan untuk berinvestasi dengan reksadana. Namun penting untuk memilih manajer investasi yang baik. 

Dalam webinar ini, para peserta juga diajak melakukan simulasi memilih saham dan juga melakukan tanya jawab secara langsung. Hal ini membuat peserta senang, karena mereka bisa melihat secara langsung cara memilih saham yang baik. Diharapkan dengan edukasi ini, para peserta dapat semakin baik mengelola berkat Tuhan yang dipercayakan kepada mereka. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami