Apa Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Kristen?

Apa Peran Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Kristen?

Claudia Jessica Official Writer
674

Banyak orang berpikir bahwa Roh Kudus adalah Roh yang Tuhan berikan kepada orang Kristen setelah Yesus bangkit ke surga. Apakah benar demikian? Atau justru Roh Kudus memiliki hal lain?


Jika kamu lebih suka menonton, simak penjelasan lengkapnya DI SINI.


Orang Kristen percaya bahwa Roh Kudus memiliki perasaan, pikiran, dan kehendak. Alkitab mengajarkan kita untuk tidak menyedihkan Roh Kudus seperti yang tertulis pada Efesus 4: 30-32 “Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Roh Kudus tidak hanya ‘ada’ setelah setelah pencurahan Roh Kudus di hari pentakosta. Namun jauh sebelum itu, pribadi Roh Kudus sudah ada sejak sebelum masa penciptaan (Kejadian 1: 1-2).

Orang Yahudi menyebut Allah Roh Kudus dengan berbagai sebutan. Seperti Ruakh-Haqodesh yang berarti Roh-Mu yang Kudus, Rukh Elohim yang berarti Roh Tuhan, Ruakh Yahwe yang berarti Roh Allah, dan Ruakh Hakmah yang berarti Roh Hikmat.

Selama Yesus melakukan pelayanan di bumi, Dia juga berinteraksi dengan Roh Kudus seperti pada saat dibaptis oleh Yohanes pembaptis, Roh Kudus hadir dalam bentuk burung merpati (Matius 3: 16-17).

Dalam Injil Yohanes 14: 16, Roh Kudus disebut sebagai Roh Penghibur, disebut sebagai Roh Kebenaran dalam Injil Yohanes 16: 13, dan disebut sebagai Roh Kristus dalam surat 1 Petrus 1: 11.

Pengikut Kristus pertama kali mengalami perjumpaan pribadi dengan Roh Kudus saat pertama kali bertobat. Hanya Roh Kudus yang mampu membuat kita benar-benar mengerti akan dosa dan sadar bahwa kita tidak bisa hidup tanpa penebusan Yesus Kristus. (Yohanes 16: 7-8)


Baca juga:

Hukum Bisa Membunuh, Tapi Roh Selalu Memberi Kehidupan

Sebagai Orang Kristen yang Menjadi Bait Allah, Kita Dilarang Melakukan 5 Hal Ini Lho


Setelah kita bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, saat itu juga kita menerima Roh Kudus. (Kis. 2: 38).

Roh Kudus akan menuntun dan mengajar kita tentang kebenaran Firman Tuhan dan Roh Kudus akan membuat kita mengerti dan mampu memahami kebenaran Firman Tuhan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengundang Roh Kudus ketika merenungkan Firman Tuhan. Kita perlu mengundang Roh Kudus untuk mengajar dan memberi pengertian kepada kita.

Peran Roh Kudus lainnya adalah membantu kita dalam kelemahan kita dan dalam hal berdoa. Roma 8: 26-27 menuliskan, “Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.”

Yang terpenting dari kehadiran Allah Roh Kudus dalam hidup orang percaya adalah untuk melengkapi kita menjadi saksi Kristus.

Kita tidak bisa menjalani panggilan kita menjadi saksi kristus apabila Roh Kudus tidak memberikan tuntunan dan bantuannya. Hanya dengan pengurapan dan kuasa Roh Kudus, kita yang 'terbatas' bisa menjadi saksi Kristus yang efektif sampai amanat agung tuntas dan tugas kita pun selesai.


Baca juga: 17 Peran Penting Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya


Nah JCers, jika kamu masih memilik pertanyaan mengenai Roh Kudus, hubungi konselor SAHABAT 24 melalui WA: 0822 1500 2424 atau klik http //bit.ly/inginKonseling

Jika kamu merasa diberkati artikel ini, bagikan juga kepada temanmu agar bisa menjadi berkat bagi banyak orang juga. Selain itu, kamu juga bisa mendukung jawaban.com dan membagikan Injil kepada banyak orang dengan melakukan donasi. Berapapun yang kamu berikan akan sangat memberkati jawaban.com untuk terus memproduksi konten-konten lain. Terimakasih, Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami