#FaktaAlkitab: Izebel, Istri Raja Ahab yang Membuat Israel Menyembah Baal

#FaktaAlkitab: Izebel, Istri Raja Ahab yang Membuat Israel Menyembah Baal

Claudia Jessica Official Writer
1404

Alkitab mencatat, tokoh ini mati dengan cara yang mengenaskan. Ia adalah Izebel, istri dari Raja Ahab. Inilah fakta mengenai Izebel, orang yang ditakuti oleh Nabi Elia.

Izebel adalah putri Etbaal, dia adalah raja Sidon (Fenisia) sekaligus Imam Dewa Asyera dan Dewa Baal (1 Raja-raja 16:31).

Izebel tumbuh sebagai putri raja di sebuah kerajaan yang kaya. Ia terbiasa hidup dalam gelimang kekayaan, sehingga dia selalu memiliki orientasi dengan harta dan ketamakan. 


Jika kamu lebih suka menonton, simak penjelasan lengkapnya DI SINI.


Menikahi Raja ke-7 Israel Ahab

Israel dan Sidon sudah lama memiliki hubungan erat dalam perdagangan. Kerajaan kafir tersebut memiliki pelabuhan laut yang besar sebagai pusat perdagangan banyak bangsa waktu itu (Yesaya 32:2). Kebutuhan kayu untuk pembangunan di Israel didatangkan dari Sidon dan sebagai gantinya Israel mengirimkan bahan makanan (Ezra 3:7).

Jadi pernikahan Ahab dan Izebel didasari oleh Kepentingan politik belaka. 

Peristiwa Bukti Ketamakan Izebel

Di Israel ada seorang pemilik kebun anggur bernama Nabot. Ia menolak permintaan Raja Ahab untuk menjual kebun anggurnya.  Ahab berencana menjadikan kebun anggur itu menjadi kebun sayur. Raja Ahab tidak menyukai sikap tersebut, meskipun Nabot melakukan penolakan dengan dasar Firman Tuhan, yaitu Tuhan tidak memperkenankan Nabot menjual warisan leluhur (1 Raja-raja 21:3).


Baca juga: #FaktaAlkitab: Delila, Wanita Pujaan Simson yang Menggairahkan dan Berbahaya


Reaksi Ahab disambut dengan tindakan keji Izebel. Ia merencankan pembunuhan pada Nabot. Ia mengarang rencana untuk mendapatkan kebun anggur itu. Izebel membayar saksi-saksi palsu untuk memberatkan Nabot, bahwa pemilik kebun anggur itu telah menghujat Allah dan Raja.

Akibat tuduhan palsu itu Nabot menerima hukuman rajam sampai mati (1 Raja-raja 21: 13). Sesudah itu Izebel mengambil alih kebun anggur Nabot dengan leluasa.

Istri yang dominan

Izebel adalah istri yang dominan atas Ahab. Raja Israel ini bagaikan boneka di tangan Izebel. Izebel bisa melaksanakan rencana-rencana jahatnya dengan mudah, termasuk pengaruh Izebel terhadap keyakinan Ahab. Hal ini membuat Ahab mendua hati dari Allah. Ia tetap menyembah Tuhan tapi ia juga menyembah Baal.

Mempengaruhi Bangsa Israel menyembah Baal

Izebel menggunakan kekuasaan untuk menjadikan Agama Baal dan Asyera menjadi agama resmi Israel. Ia menggunakan anggaran negara untuk memelihara kehidupan ratusan nabi-nabi Baal dan Asyera yang sengaja didatangkan ke Israel (Raja-raja 18: 19).

Kehadiran para pemuka agama kafir itu melengkapi pembangunan berbagai sarana ibadah Baal dan Asyera yang dilakukan Ahab di wilayah Israel (1 Raja-raja 16: 31-32).

Satu-satunya orang yang membuat nabi Elia gentar

Izebel dikenal sebagai orang yang sangat taat dan setia dengan agamanya. Ia bahkan tidak segan-segan melenyapkan nabi-nabi Tuhan atas agama (1 Raja-raja 18: 4).  Hal tersebut yang membuat Elia menjadi gentar ketika mendapat ancaman dari Izebel (1 Raja-raja 19: 2-3).


Baca juga: #FaktaAlkitab: Batsyeba, Wanita Cantik di Alkitab yang Buat Raja Daud Jatuh Ke Perzinahan


Alkitab mencatat bahwa Elia ketakutan dan melarikan diri hingga meminta Tuhan mencabut nyawanya (1 Raja-raja 19: 4).

Kematian Tragis Izebel

Dalam 2 Raja-raja 9, alkitab mencatat bahwa kematian tragis Izebel sudah dinubuatkan oleh nabi Elisa. Melalui perantaraan nabi lain menyampaikan nubuatan tersebut kepada raja Israel bernama Yehu.

Dalam 2 Raja-raja 9: 30-37 nubuatan Elisa benar-benar terjadi. Izebel dijatuhkan dari jendela istana oleh pegawainya sendiri dengan sengaja. Darahnya memercik ke dinding, mayatnya diinjak-injak kuda dan pada saat tubuhnya hendak dikuburkan yang tersisa hanyalah kepala, kedua telapak tangan dan kedua kakinya.

Izebel bukanlah tokoh yang patut kita contoh, namun melalui kisahnya kita dapat belajar bahwa Allah tetap berdaulat dan kejahatan pasti akan dikalahkan.

Jika saat ini JCers sedang bergumul dengan perilaku buruk, baik itu mengenai keserakahan, iri, kebencian dan lain sebagainya, maka ini waktu yang tepat bagimu perlu bicara dengan seseorang. Kamu bisa membicarakannya dengan pendeta, mentor, konselor atau sahabat dekat.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi call center kami, SAHABAT 24 kapanpun. SAHABAT 24 siap mendoakan dan melayani 24 jam. WA:0822 1500 2424 atau klik http //bit.ly/inginKonseling

Apakah kamu merasa diberkati dengan kisah FaktaAlkitab? Bagikan artikel ini agar lebih banyak orang yang terberkati oleh kesaksiannya. Ayo, bergabung bersama kami untuk memberitakan Injil lebih banyak kepada orang di luar sana dengan berdonasi. Berapapun yang kamu berikan, akan sangat membantu jawaban.com untuk terus beroperasi. Donasi di sini.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami