Banyak Yang Meninggal, Menag Yaqut Minta Agar Tokoh Agama Jadi Prioritas Vaksinasi

Banyak Yang Meninggal, Menag Yaqut Minta Agar Tokoh Agama Jadi Prioritas Vaksinasi

Puji Astuti Official Writer
333

Banyaknya tokoh agama yang meninggal dunia karena terjangkit Covid-19 menjadi perhatian Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Untuk itu, ia berharap agar para kiai dan pemimpin agama dapat diprioritaskan dalam vaksinasi Covid-19.

"Peran para tokoh agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, maupun Khonghucu dalam pembinaan agama sangat besar dan dirindukan umat," demikian ungkap pria yang akrab dipanggil Gus Yaqut itu, Rabu (20/1/2021) lalu. 

Berdasarkan data yang ia terima, selama pandemi ini banyak tokoh agama dan pengasuh pesantren yang wafat, menurutnya hal itu adalah kehilangan yang besar bagi bangsa Indonesia. Sebab untuk menghasilkan para kiai dan tokoh agama butuh waktu panjang dan tidak bisa dengan cara instan. 

"Data kami, lebih dari 300 tokoh agama yang meninggal selama pandemi Covid-19,” demikian ujar Menag. 

Dukungan dari Dirjen Pendidikan Agama Islam

Harapan Menteri Agama tersebut didukung oleh Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani.

“Ini tentu penting, tidak hanya untuk tokoh agama Islam, tapi juga tokoh lintas agama,” ungkap Ramdhani. 

Ramdhani mengungkapkan jika vaksinasi sudah aman dilakukan kepada para lansia, maka ia berharap para tokoh agama yang sudah sepuh tersebut dapat segera divaksinasi.

“Kami berharap, para tokoh agama bisa masuk dalam kategori petugas pelayanan publik karena mereka memang berperan dalam pembinaan keagamaan umat. Apalagi, tidak sedikit dari para tokoh agama ini sudah masuk kategori lansia."

Dukungan dari Bimas Kristen

Dukungan untuk vaksinasi ini juga disampaikan oleh Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, untuk itu menurutnya gereja harus berada di garis terdepan dalam mendukung upaya vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah. 

"Gereja perlu tampil sebagai garda terdepan dalam tugas dan panggilannya selain melakukan pelayanan holistik melalui kepedulian dan belas kasihan kepada sesama. Gereja juga harus menolong mereka yang terkena dampak pandemi, juga memberikan penyuluhan yang benar tentang pentingnya vaksin bagi kesehatan masyarakat," demikian ajakan yang diberikan Thomas. 

Vaksinasi menjadi hal yang penting untuk mengatasi pandemi yang dihadapi oleh seluruh dunia saat ini. Mari dukung upaya pemerintah dalam melakukan vaksinasi, jangan takut, jangan mau dipengaruhi oleh berita hoax, dan tetap taati protokol kesehatan hingga pandemi ini berakhir. 


Baca juga :

Presiden Jokowi Sudah di Vaksin, Ini Responnya Sewaktu Disuntik

Syarat dan Cara Mengecek Penerimaan Vaksin Covid-19

Infografis Jadwal Vaksinasi Covid-19


 

Sumber : Medcom.id

Ikuti Kami