Presiden Jokowi Sudah di Vaksin, Ini Responnya Sewaktu Disuntik

Presiden Jokowi Sudah di Vaksin, Ini Responnya Sewaktu Disuntik

Puji Astuti Official Writer
765

Hari ini, Rabu (13/1/2021) vaksinasi pertama dilakukan di Istana Kepresidenan dengan Presiden Joko Widodo sebagai penerima vaksin Covid-19 pertama.  Vaksinasi terhadap Presiden Jokowi ini  dilakukan oleh dokter  kepresidenan dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

Presiden Jokowi menerima vaksin Sinovac, yang sudah mendapatkan izin penggunaan dari BPOM, yang berdasarkan evaluasi BPOM memiliki efikasi sebesar 65,3 persen. Selain itu pihak MUI juga sudah menyatakan bahwa vaksin ini halal. 

Sebelum dilakukan vaksinasi, tim dokter kepresidenan sempat menanyakan apakah Presiden Jokowi pernah terkonfirmasi menderita COVID-19. 

Jokowi menjawab lugas, "Tidak."

Ketika ditanya apakah mengalami gejala batuk, pilek atau demam dalam 7 hari terakhir, ia menyatakan, "Enggak. Ya batuk kecil aja, uhuk, udah," lalu tertawa.

Netizen yang menyaksikan penyuntikan vaksin Presiden Jokowi sempat heboh saat melihat dokter yang menyuntik Jokowi gemetar. Saat sang dokter bertanya apakah sakit, Jokowi menjawab sambil tertawa, "Tidak terasa sama sekali."

Vaksinasi di Istana Kepresidenan hari ini menjadi simbolik dimulainya proses vaksinasi di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan perwakilan berbagai unsur masyarakat, mulai dari beberapa menteri, artis, pengusaha, dan juga tokoh agama yang jadi penerima vaksin setelah Presiden Jokowi. 

Beberapa tokoh yang menerima vaksin hari ini adalah Kapolri Jendral Pol. Idham Aziz, Rafi Ahmad, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani, Ronal Tapilatu perwakilan dri PGI, dan Romo Agustinus Heri perwakilan dari KWI. Total ada 21 orang yang menjadi perwakilan masyarakat untuk penerima vaksinasi pertama di Istana Kepresidenan hari ini. 

Vaksinasi aman untuk dilakukan, sehingga masyarakat tidak perlu takut untuk menjalani vaksinasi. Mari kita bersama mendukung program vaksinasi yang dilakukan pemerintah, termasuk tidak ikut menyebarkan berita bohong atau hoaks tentang vaksinasi. Karena upaya yang dilakukan pemerintah ini adalah untuk kebaikan bersama sehingga masa pandemi ini bisa segera berakhir. 


Baca juga :

Siapa Saja yang Ikut Divaksin Bareng Presiden Jokowi? Kemenkes Beberkan Ini…

Kemenkes: “Vaksin Covid-19 Tidak Bisa Diberikan Apabila . . .”


 

Sumber : Youtube Sekretariat Negara

Ikuti Kami