Hati-hati! Insomnia Bisa Bikin Meninggal, Ini Penjelasannya

Hati-hati! Insomnia Bisa Bikin Meninggal, Ini Penjelasannya

Claudia Jessica Official Writer
682

JCers suka ga bisa tidur? Atau mungkin Jcers suka terbangun pas lagi tidur? Jangan-jangan JCers insomnia? Hati-hati! Insomnia bisa menyebabkan kematian!

JCers tahu gak sih, di Indonesia sendiri ada sekitar 10% dari seluruh penduduk Indonesia yang menderita insomnia. Jumlah ini terus bertambah sejak pandemi c-19 melanda dunia.

Padahal, tidur adalah kebutuhan yang tidak bisa kita lewatkan. Manusia sehebat apapun, tidak bisa terjaga terus-menerus tanpa tidur.

Jika kamu mengalami gejala seperti susah tidur, sering terbangun di malam hari, dan tidak bisa tidur meskipun merasa lelah selama 3-5 hari berturut-turut, kemungkinan besar kamu mengalami insomnia.

Bahaya insomnia

Secara fisik insomnia dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti meningkatkan resiko masalah kesehatan seperti stroke, asma, kejang, menurunkan sistem kekebalan tubuh, obesitas, hipertensi, diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung.

Secara mental, insomnia dapat mengakibatkan gangguan mental atau emosi, depresi, mudah gelisah, kebingungan, hingga frustasi.

Ketika kamu mengalami insomnia, kualitas tidur akan menurun dan dapat menyebabkan kantuk. Apabila kamu berkendara dalam kondisi mengantuk, hal tersebut dapat meningkatkan risiko kecelakaan hingga kematian.

Kamu bisa mencoba hal-hal berikut ini untuk mengatasi insomnia:

Pertama, minum susu hangat. Susah tidur bisa disebabkan karena adanya gangguan melatonin, yaitu hormon yang berperan untuk mengatur pola tidur dan bangun tubuh kita. Kalsium yang terdapat pada susu hangat dapat membantu otak untuk memproduksi melatonin yang mampu melawan insomnia. Kamu bisa mencoba minum susu hangat di malam hari atau menjelang waktu tidur.

Kedua, simpan handphone atau gadget lainnya setidaknya 1 jam sebelum tidur. Sinar blue light atau radiasi yang masuk ke mata menyebabkan produksi melatonin menurun. Jadi, jangan biasakan main handphone sebelum tidur ya JCers.


Baca juga: Sudah Lakukan Banyak Cara Tapi Insomnia Tetap Nggak Sembuh Juga?Coba ikuti 7 Cara Aneh Ini


Ketiga, hindari konsumsi makanan tinggi lemak, kafein, nikotin dan alkohol. Makanan yang tinggi lemak membuat peredaran darah melambat sehingga membuat jantung bekerja lebih keras.

Kafein, nikotin, dan alkohol mengadung zat yang bersifat merangsang seseorang untuk tetap terjaga dan menyulitkan untuk tetap tertidur.

Keempat, buat suasana kamar yang nyaman. Insomnia dapat disebabkan karena suasana kamar yang tidak nyaman. Kamu bisa mencoba mengubah pengaturan kamar dengan menggunakan lampu tidur yang lebih redup atau mengatur suhu kamar dengan kenyamanan kalian masing-masing.

Kelima, mandi air hangat. Mandi air hangat di malam hari dapat peredaran darah lebih lancar, melemaskan otot yang tegang, kaku, dan nyeri, serta dapat mengurangi rasa cemas dan stress sehingga dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

Keenam, olahraga. Olahraga dapat membuat tubuh kita lelah sehingga tubuh dapat merespon untuk beristirahat. Hal ini juga dapat membuat tidur kita jadi lebih nyenyak.

Ketujuh, hindari memikirkan hal-hal yang tidak harus di pikirkan (overthinking) biasanya ketika malam hari atau menjelang tidur, kita sering kali memikirkan banyak hal. Seperti pekerjaan besok, ujian, atau bahkan eksistensi diri hingga tujuan hidup.

Mazmur 4: 8 mengatakan, “Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.”

Ada banyak pikiran-pikiran yang melintas dibenak sehingga menganggu kualitas tidur di malam hari. Karena itu, satu-satunya cara untuk menenangkan dan meredam semua kesibukan pikiranmu adalah dengan mempersilahkan Tuhan menentramkan hati dan pikiranmu.


Baca juga: Saat Insomnia Menyerang, Bacalah 3 Ayat Mazmur Ini


Mazmur 4: 8 adalah ayat yang mengingatkan kita bahwa Tuhan memegang kendali atas kita. Dia adalah pelindung kita dan satu-satunya yang bisa dipercaya. Itulah kebenaran yang melegakan sehingga pikiran dan hati kita yang gelisah dan cemas pun bisa ditentramkannya.

Jika JCers masih susah untuk mengatasi overthinking karena suatu masalah, kami menyediakanan layanan konseling SAHABAT 24 yang bisa kalian hubungi 0822-1500-2424 atau melalui link http://bit.ly/inginKonseling

Dan, apabila tips di atas sudah JCers lakukan, namun gejala insomnia semakin mengganggu aktivitas, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan dan saran yang tepat.

Penanganan insomnia dapat dilakukan dengan terapi atau obat yang sesuai dengan ketentuan dokter apabila diperlukan.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami