#PrayForSulbar : Gempa 6,2 SR Guncang Sulbar, Ada Korban Tertimbun Bangunan

#PrayForSulbar : Gempa 6,2 SR Guncang Sulbar, Ada Korban Tertimbun Bangunan

Puji Astuti Official Writer
842

Gempa berkekuatan 6,2 Skala Ricter mengguncang wilayah Mamuju, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) dan menyebabkan kerusakan berbagai bangunan yang parah, diantaranya adalah Kantor Gubernur Sulbar dan Rumah Sakit Manakarra. Menurut Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar gempa yang berlansung sejak Kamis (14/1/2021) lalu hingga Jumat pagi telah terjadi sebanyak 47 kali, dan dua guncangan gempa yang cukup kuat membuat banyak bangunan roboh. Netizen Indonesia menyerukan #PrayForSulbar, meresponi bencana ini. 

"Gempa tektonik terjadi sebanyak 47 kali di wilayah Sulawesi barat dan sekitarnya," demikian keterangan dari Syariffuddin, staf Pusat Gempa Regional IV Makassar, Sulawesi Selatan yang dirilis AntaraNews.com, Jumat (15/1/2021).

Korban Tertimbun di RS Mitra Manakarra

Yang memprihatinkan adalah adanya korban yang tertimbun, salah satunya di Rumah Sakit Mitra Manakarra. Berdasarkan rilis dari Sindonews.com, rumah sakit ini rata dengan tanah pada  Jumat dini hari. 

"Sebelumnya kepanikan terjadi saat gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang Majene, Sejumlah perawat berhamburan keluar RS Mitra Manakarra namun dalam hitungan menit rumah sakit tersebut telah roboh. Infonya ada enam orang tertimbun, dua orang perawat, pasien dan keluarga pasien,"demikian jelas warga setempat bernama Yusuf.

Namun tidak hanya di rumah sakit ini, korban tertimbun juga terjadi di sejumlah rumah, hotel dan gedung.  

Basarnas Langsung Terjunkan Regu Penyelamat

Saat ini Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Selatan sudah melakukan upaya evakuasi sejumlah korban. 

"Setelah terjadi gempa sekitar pukul 02.30 WITA dini hari tadi, Basarnas Mamuju menerima laporan ada beberapa korban, sehingga kami menurunkan empat regu yang dibagi di beberapa titik," demikian jelas Kepala Sumber Daya Basarnas Mamuju, Arianto kepada AntaraNews.com.

"Sudah ada korban dievakuasi, laporan tiga tim, ada dua selamat, satu meninggal, masih ada lima orang di dalam reruntuhan bangunan," tambahnya. 

Bantuan BPBD Mamuju Untuk Para Pengungsi

Berdasarkan data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, saat ini ada dua daerah yang terdampak gempa yang paling parah yaitu Kabupaten Mejene dan Polewali Mandar, yang menyebabkan setidaknya tiga orang meninggal dunia, 24 orang luka-luka dan 2000 warga mengungsi. Ada kebutuhan utama para pengungsi yang berusaha disiapkan oleh BPBD, yaitu sembako, selimut, tikar, tenda pengungsi, pelayanan medis dan terpal.

Duka masyarakat Sulawesi Barat adalah duka Bangsa Indonesia, mari berdoa untuk mereka yang terdampak bencana dan juga ulurkan tangan untuk membantu meringankan derita para korban. Ini saatnya kita berani bergerak menjadi saluran kasih bagi saudara-saudara kita di Sulawesi Barat. #PrayForSulbar 

Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami