Ketika Tuhan Melakukan Sesuatu yang Baru, dan Kita Masih Terjebak di Masa Lalu

Ketika Tuhan Melakukan Sesuatu yang Baru, dan Kita Masih Terjebak di Masa Lalu

Claudia Jessica Official Writer
      1675

Yesaya 43: 18-19

firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 1; Matius 1; Kejadian 1-2

Terkadang, Tuhan ingin melakukan sesuatu yang ‘baru’ dalam hidup kita namun, kita masih terjebak dalam ‘yang lama.’

Terkadang, sulit untuk melepaskan yang ‘lama.’

Tentang apa yang kita kenal, dan apa yang kita ketahui. Tampaknya lebih mudah untuk tetap berada dalam zona nyaman kita yang ‘lama.’ Mengikuti arus, dan tidak mengacaukan apapun. Tapi kemudian ketika yang ‘baru’ datang, membuat kita berputar-putar, dalam satu putaran besar dan panjang.

Bagi mereka yang menyukai perubahan, ‘baru’ adalah sesuatu yang menyenangkan.

Bagi mereka yang tidak menyukai perubahan, ‘baru’ adalah sesuatu yang dapat membuat stres.

Tapi inilah yang saya sukai dari Tuhan.

Dia berpikir dan bekerja di luar pemikiran manusia. Dia tidak selalu memberikan ‘baru’ dengan cara yang kita pikirkan. Dia memiliki cara-Nya sendiri untuk memberikan ‘baru’ kepada kita.

Dia melihat gambaran besarnya. Dia tahu apa yang Dia lakukan. Dia bekerja di balik layar kehidupan dan membuka setiap hari kita, di tempat-tempat dimana kita tidak selalu bisa melihat dan memahami ‘mengapa’ semua terjadi.

Jadi kita bisa percaya bahwa Dia memikirkan yang terbaik untuk kita. Dia mendukung kita, Dia bersama kita sekarang dan Dia juga mengamankan masa depan kita.

Kadang-kadang ‘baru’ kita datang dari berkat yang besar, atau juga peluang yang datang bahkan terkadang datang melalui rasa sakit yang luar biasa, dan kehilangan sesuatu yang sangat berharga.

Orang-orang terus bergerak, kehidupan terus berjalan, banyak keputusan dibuat, banyak pekerjaan bergantim anak-anak terus tumbuh, dan ada saat-saat dimana kita mengalami perjuangan yang sangat sulit. Bahkan kita mungkin merasa mulai tertipu bahwa hidup seperti tidak adil.

Tapi, hal itu masih menghembuskan kebenaran ini: Tuhan belum selesai dengan hidup kita. Kamu masih di sini, dan Dia memiliki tujuan besar dalam semua yang kamu lalui, bahkan dalam setiap perubahan hidup dan musim.

Entah kita menyadarinya atau tidak, kita bergaul setiap hari dengan orang-orang yang perlu kita temui dalam hal ‘baru’ kita, betapapun sulitnya hal baru itu.

Kita bisa beristirahat dalam kepedulian-Nya pada kita. Dia tahu, Dia melihat, Dia bekerja dengan cara yang tidak selalu kita ‘pahami’, tetapi ada kedamaian karena kita tahu bahwa kita tidak perlu mencoba untuk mengendalikan semuanya. Kita bisa melepaskan kebutuhan untuk memikirkan semuanya, dan upaya untuk mewujudkannya.

Kita bisa mepercayai Dia.

Masa depan kita menunggu, dan masih ada banyak hal baik di sekitar. Tuhan memiliki banyak hal.

Jika kamu menemukan dirimu di musim yang baru saat ini, atau kamu sedang berjuang untuk menemukan yang baik di waktu perubahan ini, yakinlah bahwa Tuhan memiliki yang terbaik. Pilih untuk percaya Tuhan bahwa Dia sedang bekerja untuk kepentinganmu hari ini, meskipun kamu mungkin tidak melihat atau tidak mengerti.

 

Disadurkan dari crosswalk.com. Hak Cipta: Debbie McDaniel.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. http://bit.ly/inginKonseling

 

Ikuti Kami