Arus Ketakutan di Masa Pandemi
Kalangan Sendiri

Arus Ketakutan di Masa Pandemi

Claudia Jessica Official Writer
      3195

Mazmur 46:2

"Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti."

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 36; 2 Tesalonika 3; Yesaya 25-26

Saat itu ketika aku dan keluargaku berada di pantai, adik laki-lakiku, Ed, berada di dalam air dan jauh dari pantai. Di dalam pusaran air yang ganas itu, Betty, sepupuku yang lebih tua berusaha membebaskan Ed dari pusaran air itu.

Para pejemur dan perenang yang berada di dekat pantai mengabaikan teriakan Betty yang meminta bantuan penyelamatan karena air terlihat tidak dalam. Bagaimana mereka bisa tenggelam?

Seorang pria muda memandangi lautan dari jendela apartemennya di lantai dua dan melihat orang-orang kucintai tengah berjuang melawan pusaran air itu. Karena sudut pandangannya yang menguntungkan, ia mengakui bahaya di bawah sana.

Dia berlari menuruni tangga, melintasi pasir dan masuk ke air laut. Setelah berenang agak jauh, dia mencengkeram bahu kakakku dan menariknya dari genggaman air. Dengan panik di matanya, Ed menempel pada orang asing itu, orang yang melihat situasi dari atas pantai dan menyelamatkan nyawa saudaraku.

Ketika kita menavigasi perairan koronavirus yang keruh, musuh spiritual yang ganas mengancam untuk menjerat kita dalam kepanikan besar. Cobalah sekuat apa pun, kita tidak bisa lepas dari pandemi.

Meskipun para profesional kesehatan dan pemerintah bekerja sebagai penjaga pantai untuk menghalau ancaman penyakit dan kehancuran ekonomi, mereka hanya menawarkan perlindungan, bukan keselematan.

Tidak ada upaya manusia yang bisa mengubah ketakutan menjadi kedamaian.

Berita baiknya adalah, Tuhan melihat kondisi kita dari tempat yang menguntungkan dan menawarkan penyelamatan. Keadaan hidup kadang-kadang berubah seperti lautan yang mengerikan, badai, tetapi Tuhan mengulurkan tangan-Nya untuk menawarkan kedamaian.

Bagi mereka yang belum mengenal Kristus, Ia menawarkan pengampunan dosa dan hubungan pribadi dengan-Nya sekarang dan sepanjang kekekalan (Yohanes 3:16).

Kepada orang percaya, Yesus mengulurkan tangan-Nya untuk menawarkan kedamaian dan kebebasan dari gelombang virus kesusahan:

Yohanes 14:27 - Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Ketika covid-19 dan krisis ekonomi menyerang kita, bagaimana kita bisa berjalan dalam kemenangan selama masa-masa yang menakutkan dan berbagi kedamaian Allah dengan orang lain?

Ada banyak ayat Alkitab yang memerintahkan kita untuk “tidak takut.” Ketika kita mempelajari ayat-ayat itu, dan ayat-ayat lain, kemudian melakukan sebagian untuk mengingat, Allah membantu kita mengingat kebenaran-Nya dan menerapkannya untuk tantangan kehidupan sehari-hari.

Mencatat kegelisahan kita dalam jurnal dan mendiskusikannya dengan Tuhan ketika kita berdoa mengingatkan kita.

Mazmur 46:2 - Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.

Setelah berdoa untuk orang lain yang mergumul dengan kekhawatiran,kita dapat memanggil atau mengirimkan ayat Alkitab untuk menguatkan mereka. Ketika mereka membagikan contoh pribadi tentang kemenangan Allah atas rasa takut, kita menunjukkan nilai mempercayai-Nya.

Tuhan menawarkan kedamaian untuk mengalahkan arus ketakutan pandemi, dan Dia mengizinkan kita untuk membagikan kebenaran-Nya kepada orang lain.

Ketika yang lain hanya bisa menonton tanpa bisa berbuat apa-apa, Tuhan mampu menyelamatkan kita.

Hak Cipta © 8 Juli 2020, Jeannie Waters, digunakan dengan izin cbn.com.

Ikuti Kami