Solusi Lepas Dari Godaan Hanya Sesederhana Berjalan Keluar dari Pintu

Solusi Lepas Dari Godaan Hanya Sesederhana Berjalan Keluar dari Pintu

Lori Official Writer
      952

1 Korintus 10: 13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. 


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 11; Matius 11; Yoel 1-3

Sebagai seorang pria muda, aku menghafal 1 Korintus 10: 13 dan aku masih mengingatnya sampai hari ini. Bunyinya bahwa gak ada pencobaan-pencobaan yang melebihi dari kekuatan kita. Bisa disimpulkan bahwa Tuhan selalu menyediakan solusi supaya kita lepas dari semua godaan. 

Di Doa Bapa Kami, Yesus mengajar kita berdoa. Katanya, “Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami daripada yang jahat (Lukas 11: 4)”.

Kata ‘Yang Jahat’ di ayat ini mengacu pada Lucifer atau si iblis. Dan kita tidak bisa mengalahkannya dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Waktu kita berdoa, ‘Jangan menuntun kami ke dalam pencobaan tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat’ kita berkata, ‘Tuhan, jangan izinkan aku masuk ke dalam situasi yang akan membuatku kewalahan dan berdosa. Tapi bebaskanlah aku dari pencobaan dan perangkap apapun yang dirancangkan di iblis atasku’.

Doa ini mengungkapkan kejujuran kita sebagai pribadi yang lemah. Kita memang harus mengakuinya dengan berkata, “Aku tahu aku bisa berbuat dosa. Tuhan, tolong aku.”

Kita gak bisa sepenuhnya menjauhkan diri kita dari godaan. Kecuali setelah kita mati. Bahkan kalau kita berhasil melakukan hal itu, kita gak akan pernah menghentikannya. Karena itulah kita butuh pertolongan Tuhan.

Si iblis memang punya kuasa, tapi dia tidak akan pernah berhasil kalau kita menolaknya. Jadi, jangan pernah berkata kalau kamu gak bisa keluar dari jebakan si iblis yang kamu masuki. Jangan berkata kalau kamu gak bisa berhenti melakukan apapun yang sedang kamu lakukan. Berhentilah mengatakannya. Karena Tuhan menyediakan jalan keluar, jika kamu mau menerimanya.

Godaan akan mengikuti kita kemanapun kita pergi. Tapi ingatlah bahwa akan selalu ada jalan keluar. Dan kadang-kadang jalan keluar itu sesederhana berjalan keluar dari pintu.


Hak cipta oleh Greg Laurie dari Harvest Ministries.

Ikuti Kami