Strategi Utama Iblis

Strategi Utama Iblis

Claudia Jessica Official Writer
      931

Kisah Para Rasul 5:3

"Mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?"

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 15; Galatia 4; 2 Tawarikh 1-3

Strategi utama Iblis adalah tipuan. Dia akan memperkenalkan pikiran dan idenya ke dalam pikiranmu dan menipumu agar percaya bahwa itu adalah hasil pemikiranmu sendiri.

Itu terjadi pada Raja Daud. Iblis membujuk Daud untuk menghitung orang Israel (1 Tawarikh 21:1), ini adalah tindakan yang dilarang Allah, dan Daud bertindak atas pemikiran Iblis.

Apakah Iblis mendekati Daud dan berkata “Aku ingin kamu menghitung orang Israel?” Aku meragukannya. Daud adalah orang yang saleh dan dia tidak akan mematuhi Iblis.

Tetapi bagaimana jika Iblis memasukkan gagasan itu ke dalam benak Daud sebagai hasil dari pemikirannya? Bagaimana jika pemikiran itu datang kepada Daud sebagai “Aku perlu mengetahui berapa banyak pasukanku, aku akan menghitung pasukanku”?

Jika Iblis dapat menyisipkan sesuatu di dalam pikiranmu, Dia bisa melakukan itu. Itu bukan trik baginya untuk membuatmu berpikir bahwa itu adalah idemu. Jika kamu tahu bahwa itu adalah Iblis, kamu pasti menolak pemikiran itu bukan?

Tetapi ketika Iblis menyamarkannya sebagai idemu, kamu cenderung menerimanya. Itu adalah tipu muslihat Iblis. Jika kamu tahu dari mana pikiran itu berasa, kamu tidak akan tertipu.

Aku tidak berpikir Yudas menyadari bahwa adalah ide Iblis untuk mengkhianati Yesus (Yohanes 13:2). Mungkin saja itu datang kepadanya sebagai cara untuk mendorong Yesus untuk membebaskan Israel dan Romawi.

Ananias dan Safira mungkin berpikir bahwa itu adalah idenya untuk menahan sebagian dari penawaran mereka sambil mendapatkan pukulan dan perhatian dari orang lain yang percaya bahwa mereka telah memberikan segalanya.

Jika mereka tahu itu adalah ide Iblis, mereka mungkin tidak akan melakukannya (Kisah Para Rasul 5: 1-3).  Jika Iblis dapat membuat kamu mempercayai kebohongan, dia bisa mengendalikan hidupmu. Itulah sebabnya kebenaranlah yang membebaskanmu (Yohanes 8:32).

Ada satu karakteristik umum yang dimiliki oleh setiap orang dalam perbudakan: Mereka semua berbohong. Pecandu alkohol berbohong tentang minumannya. Si anoreksia berbohong tentang makanannya.

Langkah pertama untuk pemulihan adalah keluar dari penyangkalan, berhenti berbohong dan mulai mengatakan yang sebenarnya.

Doa:  Tuhan, aku benar-benar menginginkan kebenaran-Mu dan kebebasan yang dibawanya dalam hidupku setiap saat. Bantu aku menghadapi kebenaran, menerimanya dan menindaklanjutinya hari ini. Amin.

Ikuti Kami