Apakah Kamu Sudah Yakin Bahwa Kristus Adalah yang Mendominasi Hidupmu? Sumber :

20 May 2020

 1003
[Daily Devotional]

Apakah Kamu Sudah Yakin Bahwa Kristus Adalah yang Mendominasi Hidupmu?

1 Korintus 6:12

"Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun."

Bacaan Alkitan setahun:

Dalam 1 Korintus 6:12, Paulus mengatakan "Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun."

Ketika kamu memutuskan untuk mengizinkan sesuatu memasuki kehidupanmu, kamu dapat melakukan tes kemandirian.

Tanyakan kepada diri sendiri: Apakah ini mulai mengendalikan dan mendominasi hidup saya? Apakah itu membuat saya ketagihan? Apakah saya menjadi tergantung padanya?

Tidak peduli seberapa menyenangkannya hal itu, akan menjadi buruk apabila kamu jadi kecanduan. Ini menjadi penting karena apapun yang mendominasi hidupmu, artinya hal itulah yang menjadi Tuhanmu.

Sepuluh perintah perintah Allah yang pertama mengatakan, "Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku." (Keluaran 20:3 TB). Tuhan tahu betapa mudahnya kamu menyembah hal-hal lain. Dia tahu bahwa kamu bisa saja kecanduan dengan berhalamu.

Kemudian, apa itu berhala? Mungkin yang dibenakmu adalah sesuatu kuno seperti patung batu kecil yang diletakkan di suatu tempat, kemudian disembah.

Benar, hal itu ada berhala. Namun, di zaman sekarang ini, kita dapat menemukan berhala pada orang memuja atau fanatik akan orang atau hal tertentu. Misalnya kepada idola, merek pakaian, pembuat mobil, atau bahkan sebuah tempat.

Belum lagi hal-hal lain yang dapat membuatmh ketagihan seperti; bekerja, uang, seks, internet dan masih banyak lagi hal lainnya.

Lalu, bagaimana kita tahu apakah kita telah kecanduan? Bagaimana kita bisa tahu ketika sesuatu telah mendominasi hidup kita?

Tanyakan pada dirimu sendiri: Apa yang paling aku pikirkan? Apa yang kupikirkan ketika aku sedang sendirian?

Banyak dari kita sulit unguk jujur tentang hal apa yang telah mendominasi hidup kita. "Saya bukan kecanduan hal ini, tidak mungkin ini." Coba tebak? Itu mungkin benar. Itu adalah hal yang mungkin sedang kamu pergumuli. Mungkin kamu sedang berjuang dengan hal itu.

Dalam terjemahan lain dari 1 Korintus 6:12, Paulus berkata, “Saya dapat berbuat sekehendak hati, seandainya Kristus tidak mengatakan, "Jangan", tetapi beberapa hal tertentu tidak baik bagi saya. Sekalipun saya dibolehkan, saya tidak akan melakukannya kalau saya merasa bahwa hal itu mungkin menguasai saya, sehingga sukar bagi saya untuk melepaskannya.”) (FAYH).

Paulus memutuskan untuk tidak membiarkan apapun mengendalikan hidupnya selain Kristus. Yesus adalah satu-satunya yang layak untuk mendapatkan tempat itu dalam hidup kita.

Apapun yang kamu dahulukan dan akhirnya mendominasi hidupmu, itu akan menghancurkan hidupmu. Tapi ketika Kristus memegang kendali, Dia menolong, memampukan, dan memberikan kuasa.

Lain kali ketika kamu hendak menutuskan sesuatu untuk diutamakan, gunakan tes kemandirian ini. Kristus adalah satu-satunya yang layak atas ketergantunganmu.

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2