Paus Fransiskus: Pandemi Tak Bisa Padamkan Cahaya Natal

Paus Fransiskus: Pandemi Tak Bisa Padamkan Cahaya Natal

Lori Official Writer
823

Memasuki minggu advent kedua sebagai persiapan perayaan Natal 2020, Paus Fransiskus menyampaikan pesannya kepada umat Katolik bahwa pandemi atau krisis apapun tidak bisa ‘memadamkan cahaya Natal’. 

“Mari kita biarkan cahaya itu masuk ke dalam hati kita dan menjangkau mereka yang paling membutuhkan. Tuhan akan lagi sekali lagi di dalam kita dan di tengah-tengah kita,” kata Paus Fransiskus lewat pesan misa di Lapangan Santo Petrus pada Minggu, 6 Desember 2020.

Perayaan advent, katanya, adalah perjalanan pertobatan. Karena itulah, Vatikan tetap menjalankan ritual tahunannya memasang pohon Natal di Alun-alun kota. Bahkan ornamen kandang domba tempat bayi Yesus lahir pun akan segera dibuat di sekitarnya.

 

Baca Juga: Gara-gara Pandemi, Suasana Natal di Kota Bethlehem Jadi Begini…

 

Pada umumnya, simbol-simbol Natal banyak dipasang di rumah-rumah sebagai mainan anak-anak dan juga kesenangan bagi orang dewasa. Tapi Paus menegaskan bahwa simbol-simbol Natal tersebut sebenarnya merupakan simbol harapan, terutama di masa-masa pandemi ini. 

“Itu adalah simbol atau tanda harapan, terutama selama masa sulit ini. Kasih Tuhan Yesus yang dinyatakan atas kita bertujuan untuk kebaikan atas dunia ini. Dan meyakinkan kita semua bahwa tidak ada pandemi atau krisis yang bisa memadamkan cahaya itu,” terangnya.

 

Baca Juga: Bintang Terang Saat Kelahiran Yesus Bakal Muncul 21 Desember, Begini Kata Ahli Astronomi

 

Menurutnya, Natal adalah alasan bagi orang percaya untuk tetap memiliki pengharapan di tengah pandemi ini. 

Sementara untuk rencana perayaan Natal di Vatikan, sejauh ini baru diketahui bahwa Paus seperti biasanya akan merayakan Misa Malam Natal dan memberikan layanan berkat di Hari Natal. Namun semua aktivitas ibadah ini masih akan tetap dilakukan secara online. Sehingga jemaat Katolik Roma bisa mengikutinya di rumah masing-masing.

Sumber : Vaticannews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami