Hal Sederhana yang Patut Disyukuri Dalam Hidup

Hal Sederhana yang Patut Disyukuri Dalam Hidup

Lori Official Writer
      1708

Roma 8: 28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 149; Wahyu 5; Ester 3-4

Aku dan keluargaku baru saja pindah dari Los Angeles ke rumah baru kami di Richmond, Virginia untuk memulai pekerjaan baruku di sana. Kalau boleh jujur, aku sama sekali sulit bersyukur di tengah keadaan yang aku alami. Aku banyak menggerutu baik soal cuaca, lalu lintas, pepohonan dan banyak hal lainnya yang terlihat sepele. 

Tapi tetap saja tak satupun dari hal itu bisa dibenarkan. Sebaliknya, itu adalah dosa.

Untuk membantu menghadapi gerutuan itu, aku mengumpulkan anak-anak kami di suatu malam untuk secara khusus menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan. Barangkali satu diantara kita pernah melakukan hal ini, beralih dari satu orang ke orang lain dan mulai menyoroti sesuatu yang pantas disyukuri dalam hidup. 

Samuel, putra kami yang baru berusia sembilan tahun membutuhkan waktu untuk berpikir. Tapi pada akhirnya dia menawarkan beberapa daftar yang patut dia syukuri, termasuk gereja baru kami. Selanjutnya Anna, putri kami yang berusia tujuh tahun merasa bersyukur atas teman-teman barunya. Begitu juga dengan John, yang mengaku jika dia bersyukur karena punya teman yang baik. 

Sementara aku mengungkapkan rasa syukurku kepada Tuhan dengan cara yang sangat umum. Aku merasa tidak bisa menemukan berkat Tuhan yang spesifik terjadi atas hidupku. Sampai keesokan paginya, di perjalanan menuju ke tempat kerja aku mulai bertanya, ‘Tuhan, hal apa yang paling aku syukuri?’

Satu hal yang paling membuat hatiku dan pikiranku tersentuh adalah pemeliharaan-Nya. Faktanya, Dia sudah mengatur segala sesuatu dalam hidupku untuk kemuliaan dan kebaikanku. Itulah janji-Nya yang tertulis dalam Roma 8: 28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Dalam buku berjudul Respectable Sins: Confronting the Sins We Tolerate, Jerry Bridges menulis bahwa Tuhan membuat segala sesuatu bekerja bersama-sama untuk mendatangkan kebaikan. Dia berkata bahwa bukan keadaan kita yang menghasilkan kebaikan. Sebaliknya, Tuhan sendiri yang memberikan hasil atas keadaan itu untuk kebaikan kita.

Lalu apa sih hal baik yang Tuhan kerjakan? Itu adalah ‘menjadi serupa dengan Kristus’. 

Aku mulai merasakan kelimpahan dengan ucapan syukur saat membayangkan Tuhan memimpinku melalui keadaanku dan memakainya sebagai alat untuk aku bisa mengalami pertumbuhan.

Di hari Thanksgiving ini, aku berharap aku dan keluargaku ‘berlimpah dengan ucapan syukur’. Dan untuk mengalami hal itu, kita perlu merenungkan bagaimana Tuhan bekerja dalam hidup kita. 

Jadi luangkanlah waktumu saat ini untuk bertanya kepada dirimu sendiri: Apa hal khusus yang patut kamu syukuri dari Tuhan? Ungkapkanlah ucapan syukurmu kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh.

 

Hak cipta Mike Pohlman, disadur dari Crosswalk.com

 


 

Anda butuh didoakan langsung? Klik link di bawah ini untuk terhubung dengan Tim Doa kami: http://bit.ly/InginDidoakan. Anda butuh konseling? Klik link di bawah ini untuk konseling: http://bit.ly/inginKonseling.

 

Ikuti Kami