Hati-Hati Konsumsi Obat Herbal, Pastikan Kamu Sudah Tahu Hal Ini …

Hati-Hati Konsumsi Obat Herbal, Pastikan Kamu Sudah Tahu Hal Ini …

Claudia Jessica Official Writer
376

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang berusaha keras menjaga kesehatannya agar tidak terjangkit virus corona. Mulai dari olahraga, mengonsumsi vitamin, makan buah-buahan, sampai mengonsumsi obat kimia, dan obat tradisional atau yang lebih dikenal dengan obat herbal.

Apakah obat herbal benar-benar aman atau juga lebih ampuh dari obat kimia? Bersama dr. Sovian Anugerah dari Obor Berkat Indonesia, jawaban.com sudah siapkan jawabannya untuk JCers semua.

Sebelum menjawab pertanyaan JCers semua, kita perlu tahu dulu apa itu obat herbal? Obat herbal adalah obat yang bahan bakunya berasal dari tumbuh-tumbuhan, daun dan lainnya yang mengandung zat aktif untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit. Sedangkan obat kimia adalah obat yang berbahan dasar kimia dan diracik melalui proses kimiawi.

Apakah obat herbal itu berbahaya atau aman?

Menurut penjelasan dr. Sovian Anugrah dari Obor Berkat Indonesia, obat herbal tidak berbahaya. Justru, obat herbal cenderung lebih aman karena tidak mengandung zat kimia. Kendati demikian, segala jenis obat di Indonesia harus mendapatkan lisensi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sebelum diperjual-belikan.

Selama memiliki lisensi dari BPOM, artinya obat herbal maupun obat kimia tersebut telah lulus uji dan tidak berbahaya, namun pastikan untuk membaca aturan pakai yang dianjurkan. Obat-obatan telah diatur oleh BPOM, setiap obat yang tidak memiliki izin dari BPOM dinyatakan sebagai obat ilegal dan tidak boleh digunakan.

Bagaimana cara mengetahui obat herbal yang aman atau sudah lulus uji?

Untuk mengetahui obat herbal yang sudah lulus uji, pastikan kemasan obat tersebut memiliki salah satu dari tiga logo di bawah ini:

1. Simbol pohon

Obat dengan simbol pohon berwarna hijau seperti diatas biasanya tergolong ke dalam obat herbal atau tanaman tradisional atau yang biasa kita sebut dengan jamu.

2. Simbol tiga bintang

Obat dengan simbol tiga bintang berwarna hijau memiliki arti Obat Herbal Terstandar atau OHT. Berbeda dengan jamu, OHT sudah diproses dengan teknologi tinggi.

OHT masih berbahan dasar dari tumbuh-tumbuhan, namun sudah melewati proses penelitian dan standar kesehatan yang tinggi sehingga sudah diuji toksisitas atau khasiat obat tersebut sebelum diproduksi secara massal dan diedarkan ke masyarakat.

3. Simbol salju berwarna hijau

Yang ketiga, simbol yang mirip seperti salju berwarna hijau ini disebut juga dengan fitorfarmaka. Fitofarmaka mirip dengan OHT namun dengan bahan alami yang sudah dirancang sedemikian rupa dengan teknologi yang lebih tinggi. Proses pengolahannya pun lebih sulit dibandingkan dengan OHT karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan penelitian yang panjang.

Apakah obat herbal itu ampuh?

Dr. Sovian menegaskan bahwa obat kimia maupun obat herbal/tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit seseorang. Ampuh atau tidaknya suatu obat, tergantung kepada kemampuan tubuh penggunanya untuk menyerap obat.

Jika suatu obat terbukti ampuh pada orang A, belum tentu obat tersebut ampuh pada orang B. Namun yang terpenting adalah untuk memastikan keamanan obat tersebut seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jadi, JCers tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi obat herbal ya. Tapi, pastikan obat tersebut telah lulus uji sehingga aman untuk kita.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami