Rumus Keberhasilan Hidup

Rumus Keberhasilan Hidup

Lori Official Writer
      1038

Mazmur 1: 1-3

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 97; Lukas 18; 2 Raja-raja 24-25

Bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah dalam hidup ini, apa yang menjadi panduan Anda dan kepada siapa Anda meminta nasihat? 

Jawaban Anda atas pertanyaan ini akan menentukan seperti apakah masa depan Anda. 

Harus kita sadari bahwa tidak seorangpun yang masih hidup bisa bebas dari masalah. Setiap hari ada berbagai tantangan dan masalah yang datang dan harus diselesaikan atau ditaklukan. 

Namun tak jarang, ada masalah yang diluar kemampuan kita. Disinilah kita mengetahui batas kemampuan kita sebagai manusia dan butuh tuntunan dari Tuhan,  sehingga bisa membuat keputusan dengan lebih bijaksana dan dapat mengatasi masalah tersebut. 

Salah satu tuntunan yang Tuhan berikan kepada umat-Nya untuk dapat menjalani kehidupan dengan baik adalah Alkitab atau firman Tuhan. 

Tapi banyak orang Kristen yang hanya membaca Firman Tuhan sebagai bagian dari kegiatan hidupnya saja. Namun, ketika mereka melakukan aktivitas sehari-hari, mereka lupa dengan firman Tuhan yang telah dibacanya pagi tadi, atau beberapa waktu lalu.

Jika Anda merenungkan Firman Tuhan siang dan malam, maka firman Tuhan tersebut akan menjaga langkah-langkah hidup Anda atau keputusan-keputusan yang harus Anda buat agar tetap sesuai dengan kebenaran. 

Hal ini akan tampak nyata ketika Anda menghadapi masa-masa yang sulit, karena Firman Tuhan adalah pelita bagi kaki dan terang bagi jalan Anda (Mazmur 119:105). 

Pada ayat bacaan kita hari ini, firman Tuhan juga mengingatkan untuk menjaga pergaulan Anda. Janganlah duduk dalam perkumpulan para pencemooh, dan berdiri di tengah orang berdosa. 

Sebab pergaulan Anda, akan mempengaruhi cara berpikir dan gaya hidup Anda. Nasihat yang diberikan oleh para pencemooh dan orang berdosa, bisa menyesatkan Anda dan membuat Anda memutuskan sesuatu yang salah dan nantinya akan Anda sesali.

Jadi, renungkan lah firman Tuhan yang akan menjadi panduan Anda dalam menjalani kehidupan ini. Bergaulah dengan orang-orang benar, yang positif, yang perkataannya membangun dan gaya hidupnya bisa memberi manfaat bagi orang lain. 

Percayalah, jika Anda melakukan dua hal ini, maka kehidupan Anda akan menjadi seperti yang dituliskan pemazmur tadi, yaitu Anda akan menjadi seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Bukankah Anda mau jadi orang yang selalu berhasil? 

Ternyata caranya sangat sederhana, yaitu renungkanlah firman Tuhan siang dan malam, taatilah kebenaran yang sudah Anda terima, dan jagalah baik-baik pergaulan Anda. 

Lakukanlah ini dengan tekun, maka lihatlah diri Anda dua atau lima tahun lagi, pasti Anda akan menjadi pribadi berhasil.

Ikuti Kami