Boleh Gak Sih Orang Kristen Ziarah ke Kuburan?

Boleh Gak Sih Orang Kristen Ziarah ke Kuburan?

Lori Official Writer
1178

Persoalan ziarah ke kuburan masih jadi pertanyaan yang banyak diajukan oleh orang-orang Kristen. Hal ini gak terlepas dari praktik yang dilakukan sebagian orang Kristen dari beberapa suku yang ada. Seperti contoh, suku Batak dengan tradisinya berziarah ke kuburan leluhur sembari menyajikan makanan dan berdoa kepada leluhurnya tersebut.

Karena itulah, Jawaban mencoba untuk memberikan pandangan secara alkitabiah terkait ziarah ke kuburan.

Ziarah Menurut Alkitab

Dari sudut pandang kekristenan, berziarah itu bukan hal yang bertentangan dengan firman Tuhan jika tujuannya sekadar untuk bersih-bersih atau mempercantik kuburan dari anggota keluarga atau kerabat. Yang bertentangan adalah jika orang Kristen berziarah ke kuburan untuk mendoakan kerabat yang sudah meninggal atau berdoa (berbicara) dengan roh mereka. Tindakan ini tentu saja salah karena Alkitab menyampaikan bahwa roh orang yang meninggal sudah kembali kepada Tuhan. Sehingga mereka tidak berkuasa lagi atas orang-orang yang hidup.

“Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.” (Pengkhotbah 9: 5)

“Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali. Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi oleh tempat tinggalnya.” (Ayub 7: 9-10)

Ayat ini menegaskan bahwa orang meninggal sudah memiliki dunia dan perjalanan yang berbeda dengan orang-orang yang hidup. Karena itulah, kita tidak bisa berharap lagi kepada orang mati supaya mereka menolong kita. Atau kita tidak bisa membantu mereka supaya masuk surga. Karena perjalanan tersebut hanya ditentukan oleh tindakan mereka semasa hidup. Dan yang terpenting adalah apakah mereka sudah menerima Yesus sebagai juruslamat semasa hidup?

 

Baca Juga: Apa Itu Kurban? Begini Menurut Pandangan Alkitab

 

Anggota keluarga yang masih hidup, tidak bisa memperjuangkan status kerabat mereka yang sudah meninggal. Karena setelah meninggal hidup mereka sepenuhnya di bawah kedaulatan Tuhan.

Karena itulah, penting untuk menyadari pentingnya memakai masa hidup kita untuk melakukan hal-hal baik sesuai dengan kehendak Tuhan. Supaya pada saat kita meninggal, kita bukan saja hanya percaya akan berada bersama dengan Bapa di surga tetapi kita juga meninggalkan warisan ilahi bagi generasi yang kita tinggalkan.

Berdoa Kepada Orang Mati

Ziarah sembari berdoa kepada orang mati dan meminta perlindungan dan berkat adalah tindakan yang keliru. Prinsipnya sama bahwa orang mati dan orang yang hidup sepenuhnya di bawah kuasa Tuhan. Jadi, orang mati tidak bisa menolong orang hidup demikian sebaliknya, orang hidup tidak bisa menolong orang mati.

Sumber berkat, perlindungan dan pertolongan kita itu adalah Tuhan. Jadi, berdoalah kepada Tuhan bukan kepada orang mati.

Tuhan sendiri dengan tegas menyampaikan bahwa mereka yang berdoa kepada roh orang mati adalah tindakan yang sangat dibenci oleh Tuhan. Karena hal itu merupakan tindakan kurang beriman dimana seseorang meragukan kuasa Tuhan. 

“Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu.” (Imamat 19: 31)

Gak sedikit juga orang Kristen yang berdoa kepada roh orang mati karena peristiwa kerasukan. Biasanya mereka akan tampil menyerupai kerabat yang kita kenal dan menuntut sesuatu yang aneh-aneh dan bahkan memberikan ancaman kepada keluarga yang masih hidup. Sayangnya, itu hanyalah tipuan si iblis untuk membuat kita percaya bahwa orang mati masih berkuasa atas orang-orang yang hidup.

Jika seseorang mengaku Kristen tapi masih berdoa kepada orang mati, bisa jadi dia adalah orang Kristen yang belum lahir baru dan tidak mengerti tentang kebenaran firman Tuhan. 

Utamakan Tuhan Selama Hidup

Mari kembali kepada kebenaran yang sejati bahwa Tuhan berkuasa atas dunia orang mati dan yang hidup. Sehingga selama hidup ini, kita harusnya menjadi orang-orang Kristen yang menghormati Tuhan di atas dari segala sesuatunya. 

Jangan gantikan posisi Tuhan dengan mempercayai bahwa orang-orang mati masih berkuasa atas hidupmu. Jika berziarah ke kuburan dengan berdoa dan berbicara kepada orang mati adalah tradisi yang sudah dilakukan oleh keluargamu secara turun temurun dan menganggapnya hal yang lazim, cobalah untuk membongkar pandangan mereka dengan kebenaran ini. Jangan biarkan si iblis membuat kita kehilangan tempat terbaik yang sudah disediakan di surga hanya karena tradisi salah yang kita lakukan.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami