Apa Sih Beda Firdaus dan Surga? Yuk Cari Tahu Lewat 3 Ayat Ini…

Apa Sih Beda Firdaus dan Surga? Yuk Cari Tahu Lewat 3 Ayat Ini…

Lori Official Writer
477

Ada banyak orang Kristen yang bertanya ‘Apa bedanya ‘firdaus’ dengan ‘surga’? Sebagian berpendapat bahwa firdaus adalah suatu tempat yang ada di dalam surga. Sementara yang lain yang lain berkata jika keduanya sama. 

Supaya lebih jelasnya, mari mencari tahu kebenarannya lewat Alkitab. 

Kata ‘firdaus’ dipakai di dalam Perjanjian Baru sebanyak tiga kali.

Mari membahas makna dari kata firdaus yang dipakai di dalam Alkitab. 

1. Kata firdaus yang diucapkan Yesus saat berbicara dengan seorang pencuri yang disalib di sampingnya. 

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” (Lukas 23: 43)

Yesus menegaskan bahwa pencuri itu akan ada bersama-sama dengan Dia. Kemana Yesus pergi? Tentu saja ke surga. Jadi kata firdaus yang dipakai Yesus dalam ayat ini mengacu pada janji keselamatan.

2. Kata firdaus yang disebutkan Paulus sesuai dengan penglihatannya.

“Aku juga tahu tentang orang itu, --entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya-- ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.” (2 Korintus 12: 3-4)

Paulus mengaku tidak tahu apakah penglihatan itu nyata. Tapi dia menyaksikan orang percaya yang dia kenal terangkat ke Firdaus. Di sana dia menjelaskan bagaimana tempat itu dipenuhi dengan perkataan yang tidak boleh diucapkan oleh manusia. Kondisi ini tentu saja hanya terjadi di Surga. Dan firdaus yang dimaksudkan Paulus tentu saja adalah Surga, tempat kerajaan Allah bersemayam.

3. Kata Firdaus yang disebutkan di kitab Wahyu.

“Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah.” (Wahyu 2: 7)

Di ayat ini disebutkan kata ‘Tamn Firdaus’ dimana wahyu menggambarkan tempat itu menyediakan pohon kehidupan. Taka da tempat lain yang menyediakan hal semacam itu selain surga.

 

Baca Juga: Apakah Kamu Akan Bahagia di Surga?

 

Dari ketiga ayat di atas, kita bisa menyimpulkan kalau firdaus adalah tempat yang sama dengan surga. Surga adalah tempat yang dituju Yesus setelah kematian-Nya. Firdaus sendiri juga mengacu pada Yerusalem Baru yang disebutkan oleh Rasul Yohanes dalam Wahyu 21: 1-2, “Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.” 

Surga juga mengacu pada tempat dimana Tuhan memerintah dan juga tempat terakhir dimana roh orang benar yang sudah meninggal akan memperoleh kekekalan.

Sementara orang-orang berdosa yang meninggal, seperti dalam kisah orang kaya dan Lazarus, akan pergi ke tempat terpisah yang disebut Hades (Lukas 16: 20-25). Itu adalah ruang tunggu penghakiman terakhir (Wahyu 20: 11-15). 

 

Baca Juga: Bukan Mitos, Inilah Deskripsi Surga Yang Tertulis Di Alkitab!

 

Jadi baik firdaus dan surga adalah tempat yang sama, dimana semua orang percaya yang meninggal hari ini akan segera masuk ke surga dan tinggal di hadirat Tuhan untuk selamanya. Karena itulah Paulus menekankan bahwa kematian itu bukanlah kerugian, malahan sebuah keuntungan (Filipi 1: 21). 

Mari pastikan saat ini, apakah kamu akan mendapatkan tempat bersama-sama dengan Yesus di firdaus? Jika kamu ingin bersama-sama dengan Dia, hari ini terimalah Dia dalam hidupmu.

Sumber : CBN |Compellingruth.org

Ikuti Kami