Bisa Membangun Rumah Tanpa Pondasi?

Bisa Membangun Rumah Tanpa Pondasi?

Puji Astuti Official Writer
      929

Matius 7:24-27

"Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya."

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 108; Yakobus 5; Yehezkiel 21-22

Pernahkah Anda menemukan sebuah bangunan yang kokoh tapi tanpa sebuah pondasi yang baik? Ya, hal itu tidak mungkin terjadi. Sebuah bangunan yang kokoh memerlukan pondasi yang kuat dan baik. Terlebih jika bangunan itu besar dan bertingkat, maka pondasinya harus dirancang dengan baik sehingga bisa menopang bangunan yang megah tersebut. 

Kecuali Anda membangun sebuah rumah boneka, atau kemah, atau sebuah rumah mini yang bisa Anda tarik dengan mobil untuk bepergian, Anda tidak perlu pondasi. Namun jangan harapkan rumah tersebut bisa bertahan saat badai yang kuat menerpa atau saat gempa menggoncang. 

Tapi tahukah Anda bahwa membangun pondasi itu butuh biaya besar, dan waktu yang lama namun jadi bagian yang paling tidak dilihat orang. Pondasi ada dibagian paling bawah pada sebuah bangunan, dan seringkali jauh tertanam di dalam tanah. 

Demikian juga dengan kehidupan manusia, jika Anda menginginkan kehidupan yang kuat, stabil dan tahan terhadap berbagai badai kehidupan atau goncangan masalah, maka kehidupan Anda harus memiliki pondasi yang baik dan benar. 

Pondasi kehidupan Anda dibangun di waktu-waktu yang tidak dilihat oleh orang lain, saat Anda merenungkan firman Tuhan, waktu Anda berdoa dan berbicara dengan Tuhan, dan waktu-waktu dimana Anda membangun iman, dan juga karakter Anda. Itulah yang menjadi pondasi kehidupan Anda sehingga Anda bisa kuat menghadapi tekanan dan badai kehidupan. 

Yesus adalah batu karang yang teguh, pastikan bahwa Yesuslah menjadi dasar kehidupan Anda. Sebab jika Anda menjadikan orang lain, karir, kekayaan atau kesenangan dunia ini menjadi dasar kehidupan Anda, maka Anda sedang membangun kehidupan di atas pasir. Semua itu bisa dengan mudah digoncangkan dan hilang. 

Seperti yang Yesus ajarkan, mari menjadi seorang yang bijaksana, mulailah membangun dasar kehidupan Anda dengan baik dan benar. Jadikan firman Tuhan panduan kehidupan Anda, lakukanlah dengan tekun walau Anda menghadapi rasa bosan atau kejenuhan. Lihatlah jauh ke depan, bahwa Anda sedang membangun sebuah rumah kehidupan yang kuat, kokoh dan megah, dimana Tuhan bisa memakai hidup Anda untuk menyatakan kemuliaanNya. 


Anda sedang dalam pergumulan dan butuh dukungan doa? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan tim doa kami https://bit.ly/InginDidoakan  

Anda butuh teman curhat dan membutuhkan pertolongan Tuhan? Klik link dibawah ini untuk konseling dengan konselor kami http://bit.ly/inginKonseling 

Ikuti Kami