Kalori Defisit, Apakah Berbahaya Untuk Kita?

Kalori Defisit, Apakah Berbahaya Untuk Kita?

Claudia Jessica Official Writer
357

Kalori adalah suatu pengukuran dalam makanan untuk menyatakan jumlah energi. Di setiap makanan, ada energi yang bisa kita gunakan sehingga kebutuhan kalori dapat kita hitung dari apa yang kita asup atau yang kita keluarkan.

Kebutuhan kalori tiap orang dibedakan oleh berat badan, umur dan jenis kelamin. Semakin besar aktivitas seseorang, maka semakin banyak pula kalori yang dibutuhkan.

Berdasarkan wawancara bersama dr. Sovian Anugrah dari Obor Berkat Indonesia, kalori harian yang dibutuhkan oleh orang-orang dengan aktivitas normal seperti pekerja kantoran adalah sebesar 1.600 – 2.200 kcal.

Pada normalnya, orang Indonesia disarankan untuk mengonsumsi 2000 kcal per hari. Adapun cara untuk menghitung kebutuhan kalori harian kita yaitu dengan menggunakan rumus Harris-Benedict. Bagaimana rumusnya? Kamu bisa simak di video di bawah ya.

Lalu apa yang akan terjadi jika kalori yang kita asup ternyata lebih dari yang kita gunakan? Menurut penjelasan dr. Sovian, jika kalori yang masuk ternyata lebih banyak dari yang kita keluarkan, maka kalori tersebut akan menjadi kalori cadangan atau biasa kita sebut sebagai lemak.

Namun, apa yang terjadi jika kita kekurangan kalori karena melakukan aktivitas yang berlebihan? Maka tubuh kita akan menggunakan kalori cadangan atau kita bisa sebut ini sebagai kalori defisit. Cadangan tersebut akan dipakai untuk menggantikan kalori yang kurang.

Inilah mengapa orang yang melakukan diet, akan mengurangi jumlah kalori yang diasup agar kalori cadangan yang disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak dibakar oleh tubuh sehingga tubuh kita menjadi seimbang.


Baca juga: Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan, Apa Kata Alktiab Tentang Kebersihan Lingkungan?


Namun ketika kita membutuhkan kalori cadangan dan ternyata kalori cadangan tersebut habis, maka tubuh akan merusak sel normal.

Nah, demikianlah informasi mengenai kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika JCers mau tahu mengenai kalori lebih lanjut, JCers bisa tulis pertanyaan di kolom komen atau saksikan video berikut, KLIK.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami