Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
407


Apakah kamu salah satu pecinta sushi? Makanan asal Jepang ini terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk dan campuran ikan, sayur dan rumput laut. Nasi sushi punya cita rasa asam yang lembut karena dibumbui dengan campuran cuka beras, garam dan gula. Sushi bahkan merupakan sumber protein tinggi dengan kadar lemak yang rendah loh.

Bahkan ahli gizi dan profesor nutrisi di Mayo Clinic, Katherine Zeratsky menyampaikan bahwa sushi adalah makanan yang sangat sehat karena terbuat dari ikan segar yang dibungkus dengan rumput laut dan nasi yang digulung kecil.

Meskipun sushi baik dikonsumsi, ahli diet dan juru bicara dari Akademi Nutrisi dan Diet, Isabel Maples mengingatkan untuk memperhatikan jumlah konsumsinya. Karena faktanya sushi mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam satu gulungan sushi (yang terdiri dari sekitar 6-9 potongan) bisa mengandung 500 kalori. Kalori ini berasal dari beras putih yang digulung bersamaan dengan sushi. Nasi sushi ini biasanya dibuat dengan campuran cuka dan gula. Karena itulah kalorinya terbilang cukup tinggi.

Jadi supaya sushi bermanfaat maksimal bagi kesehatan, konsumsilah sushi dengan cara yang lebih sehat diantarnya dengan melakukan beberapa langkah ini:

1. Pilih gulungan yang sehat

Bahan-bahan yang terdapat dalam segulungan sushi sangat menentukan sehat tidaknya makanan tersebut. Karena itu pastikanlah untuk mengkonsumsi sushi yang mengandung ikan tinggi protein, rendah kalori dan dikemas dengan nutrisi omega 3. Pastikan pula kalau sayuran yang dipakai masih dalam konsidi segar, kaya serat. Misalnya sayur kale yang segar.  

Untuk manfaat yang lebih sehat, jangan mengkonsumsinya dengan saus mayonnaise atau sayuran yang digoreng.

2. Jangan menggunakan saus kedelai saat menyantapnya

Saus bisa dengan cepat meningkatkan kadar natrium dan lemak dalam sushi. Mayonaise pedas, misalnya, adalah sumber lemak yang sangat terkonsentrasi. Jadi kalau bisa nikmatilah sushi dengan acar sebagai penambah kelezatannya.

3. Nikmati sushi dengan ikan yang berkualitas

Ikan salmon adalah jenis ikan luat yang banyak digunakan dalam tambahan sushi. Para ahli mengatakan kalau pecinta sushi harus tetap berhati-hati saat harus makan ikan mentah.

“Saat memakan sesuatu yang mentah, ada risiko bawaan’ sakit dari bakteri dan parasite,” kata Zeratsky.

Jadi, pastikanlah lebih dulu bahwa ikan salmon yang digunakan berkualitas tinggi. Ikan mentah tidak bileh ditinggalkan selama lebih dari dua jam atau lebih lama dari satu jam.

Masalah kesehatan lain saat mengkonsumsi sushi adalah kandungan merkuri atau zat logam yang terpapar di lingkungan kita. Tapi diperparah oleh polusi udara yang diserap oleh sebagian besar makanan laut dan kerang. Mengkonsumsi sejumlah kecil merkuri melalui makanan laut memang masih aman bagi kebanyakan orang, tapi akan sangat berbahaya bagi wanita hamil dan anak-anak.


4. Ganti nasi putih dengan nasi merah

Untuk meminimalisir jumlah kalori dalam sepotong sushi, kamu juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Tapi kalau menu ini gak tersedia, kamu hanya perlu mengurangi jumlah sushi yang dikonsumsi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyantap sushi dengan campuran makanan kaya protein atau serat seperti edamame atau sayuran, bisa dengan sup miso atau salad. 

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us