Bertolong-tolongan Memikul Beban Sesama

Bertolong-tolongan Memikul Beban Sesama

Lori Official Writer
      1283

Galatia 6: 2

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 90; Lukas 11; 2 Raja-raja 36:1-8

Memikul beban satu sama lain berarti saling mendukung secara emosional, finansial, fisik dan juga yang gak kalah penting mendukung secara spiritual.

Apakah kamu siap untuk melakukan hal ini?

Gereja Tuhan bukanlah klub sosial atau sekadar hubungan persaudaraan. Tapi gereja Tuhan adalah bagian dari keluarga Allah, yang saling berkomitmen untuk bertumbuh bersama, bersukacita bersama, dan terluka bersama sebagai satu tubuh. Tidak ada anggota keluarga Allah yang harus menanggung kesedihan, rasa sakit atau masalah mereka sendirian.

Menariknya, Galatia adalah bagian kitab di Perjanjian Baru yang bicara tentang ayat anugerah. Paulus menulis kepada orang-orang kudus di Galatia dan memperingatkan mereka tentang perbudakan legalistik bahwa keselamatan itu ditentukan oleh perbuatan baik. Tapi dalam konteks ini Paulus menyampaikan bahwa kita harus ‘memenuhi hukum Kristus’.

Mungkin kita bertanya, lalu apakah berbuat baik kepada sesama sebagai hukum atau anugerah? Jawabannya adalah bahwa berbuat baik dengan saling bertolong-tolongan dan menanggung beban bersama adalah hukum Kristus yang dihasilkan dari anugerah Allah. Karena Yesus sendiri sudah menanggung dosa kita melalui kasih karunia. Sehingga kita harus memenuhi hukum kasih karunia Kristus yang tidak hanya mementingkan diri sendiri. Tapi yang memerintahkan kita untuk ‘mengasihi sesama kita seperti diri kita sendiri’ (Galatia 5: 14).

tset

Apakah kamu pernah mengalami kehilangan orang tercinta? Lalu saat tetanggamu mengalami hal serupa, kamu bisa membangun menanggung bebannya, seolah-olah itu adalah bebanmu sendiri? Apakah kamu bergumul mendapati teman atau saudaramu sedang putus asa? Kasihilah dia seperti dirimu sendiri dan berikan dukungan kepadanya seperti kamu sendiri ingin didukung.

 

Hak cipta BBH, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami