Kemanakah Aku Harus Pergi?

Kemanakah Aku Harus Pergi?

Claudia Jessica Official Writer
      1186

Yohanes 16: 13

"Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang."

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 84; Lukas 5; Yeremia 16-17

Sebelum Yesus naik ke surga, Dia berjanji kepada para pengikutnya bahwa Dia akan mengirimkan seorang penolong, yaitu Roh Kudus. Penolong yang akan selalu tinggal bersama umat-Nya, termasuk kita!

Roh Kudus memiliki banyak peran, termasuk memberitahu apa yang perlu kamu ketahui dan memberitahu ke mana kamu harus pergi.

Roh Kudus mengajarimu banyak hal yang perlu kamu ketahui dalam hidupmu seperti, memberi tahu apa yang benar dan apa yang tidak.

Dia juga memberi kamu wawasan waktu demi waktu. Ketika kamu belajar untuk membiarkan Roh Kudus memimpinmu, Dia juga akan memberi tahu apa yang perlu kamu ketahui ketika kamu membutuhkannya.

Pernahkah kamu membaca sebuah ayat Alkitab pada pagi hari kemudian kamu mengingatnya kembali beberapa jam setelahnya? Mengingat hal seperti itu pada saat kamu benar-benar membutuhkannya. Itu adalah pekerjaan Roh Kudus.

Alkitab berkata dalam Yohanes 16: 13, “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.”

Terkadang Tuhan melakukan ini untuk dirimu. Terkadang Tuhan melakukan ini untuk orang lain. Tuhan membiarkanmu membagikan kebeneran yang telah Dia tunjukkan kepadamu.

Roh Kudus juga akan menolongmu mencapai tujuanmu.

 Sudahkah Tuhan menaruh mimpi di harimu yang tidak akan pernah bisa kamu capai sendiri? Jika kamu membiarkan Roh Kudus membimbingmu, kamu akan pergi ke tempat-tempat yang tidak pernah kamu bayangkan.

Alkitab dipenuhi dengan tokoh-tokoh yang mengikuti bimbingan Tuhan.

Lukas 2: 27 mengatakan, "Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat." Ketika Simeon tiba di bait suci pada hari itu, dia memiliki hak istimewa tertinggi yakni, mendedikasikan bayi Yesus kepada Tuhan.

Dalam kitab Kisah Para Rasul kita menemukan kisah tentang orang lain yang bimbinhan Tuhan. Seorang pria bernama Filipus sedang berjalan dan suatu hari, ada seorang pemimpin Ethiopia melintas dengan kereta. Kisah Para Rasul 8:29 mengatakan, Lalu kata Roh kepada Filipus: “Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!”

Filipus mentaati kata Roh Kudus dan mendekati pria yang berada di kereta itu. Pria itu sedang membaca kitab Yesaya tentang Mesias. Filipus memberi tahu dia bahwa Mesias telah datang. Pria itu meminta untuk segera dibaptis, dan Filipus membawa pengikut Kristus itu bersamanya dan kembali ke Ethiopia.

Karena Filipus mendengarkan dorongan Roh Kudus, dia menjadi bagian dari pekerjaan Tuhan. Ketika kamu mendengarkan Roh Kudus, Dia akan membiarkanmu ikut serta dalam pekerjaannya.

Jika Simeon dan Filipus tidak mendengarkan Roh Kudus, mereka akan melewatkan panggilan Tuhan yang ditujukan pada mereka. Dan jika kamu tidak belajar mendengarkan Tuhan, kamu juga akan kehilangan banyak hal.

Ketika kamu mendengarkan dan mengikuti arahan Roh Kudus, imanmu dapat meningkat karena kamu akan mendengarkan dan melakukan pekerjaan Tuhan secara konsisten dalam hidupmu.

Kamu akan belajar bahwa kamu bisa mengandalkan Roh Kudus untuk memberi tahu kepadamu tentang apa yang perlu kamu ketahui dan menunjukkan kemana kamu harus pergi.

Roh Kudus adalah peninggalan yang Tuhan berikan kepada seluruh umat manusia untuk memimpin hidup kita ketika diri-Nya bangkit ke surga.

Hak cipta Pastor Rick Warren, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami