Punya Segudang Ide Bisnis Rumahan, Tapi Takut Mengeksekusinya? Coba 12 Tips Ini! (1/2)

Punya Segudang Ide Bisnis Rumahan, Tapi Takut Mengeksekusinya? Coba 12 Tips Ini! (1/2)

Claudia Jessica Official Writer
375

Kamu memiliki segudang ide untuk membuat bisnis rumahan, tapi takut untuk mengeksekusinya? Dengan modal yang gak terlalu besar dan memanfaatkan peralatan yang ada serta kemampuan untuk melakukan hal tertentu, kamu sudah bisa memulai bisnis lho.

Namun tantangannya adalah, bagaimana cara membuat bisnis ini diketahui banyak orang? Bagaimana supaya bisnis ini bisa berjalan dengan baik?

Menghilangkan kecemasan akan hal tersebut tidaklah mudah. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis rumahan ini?

1. Kamu butuh dukungan keluarga

Keluarga adalah orang-orang yang paling dekat dengan kita. Ketika kita hendak memulai bisnis, keluarga akan menjadi pendukung baik dari segi materil dan non materil. Dukungan dari keluarga juga bisa menjadi motivasi dan penambah semangat bagi kamu.

2. Jauhkan pikiranmu dari kegagalan

Meskipun seorang pemula, pebisnis tidak boleh merasa takut gagal. Jika kamu sudah merasa tidak yakin dari awal, maka untuk ke depannya, bisnismu akan terasa sulit untuk dijalani.

Biasanya, mental pebisnis akan bertambah kuat seiring dengan berjalannya waktu, rintangan yang dilalui, bahkan mengalami kegagalan. Semua proses tersebut akan membentuk mental pebisnismu untuk meraih kesuksesan.

3. Pilih bidang yang sesuai dengan passion

Bisnis yang dilandasi dengan passion akan membuat kamu merasa lebih semangat dan lebih menyenangkan ketika kamu menjalankannya. Hindari bisnis yang tidak sesuai dengan passion karena jika kamu tidak menyukai pekerjaan tersebut, biasanya pekerjaan kamu tidak menjadi maksimal.

4. Pelajari calon konsumen (target)

Hal yang tak kalah penting ketika kamu hendak memulai bisnis adalah, kamu harus mempelajari calon konsumen yang akan memakai jasa atau produk kamu.

Lakukan riset pasar dan pelajari dinamikanya, siapa saja kompetitornya, siapa dan bagaimana karakteristik target pasarmu.

5. Hitung kebutuhan modal

Hitung secara teliti apa saja kebutuhan yang paling penting untuk membuat bisnis kamu bisa berjalan. Buat prioritas tentang barang yang harus ada dan hindari pembelian barang-barang yang belum dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk memulai bisnismu seperti halaman atau garasi rumah yang bisa kamu jadikan sebagai kantor, kamu juga bisa menggunakan dapur dan peralatan masak jika kamu membuka bisni kuliner.


Baca juga:

Berbagai Macam Makanan Rumahan yang Bisa Dijadikan Sebagai Bisnis Kecil-kecilan

Masih Suka Malas, Begini Caranya Biar Konsisten Bikin Konten Buat Bisnis di Sosial Media


6. Tingkatkan kemampuan

Tidak ada waktu untuk berhenti belajar. Dalam bisnis, kamu harus belajar, belajar dan belajar. Ada banyak hal baru serta ilmu lain yang harus kamu kuasai untuk membuat bisnismu semakin sukses.

Baik dari segi penjualan, pemasaran, menjadi network, hingga produk atau jasa kamu sendiri. Kamu bisa mempelajari semua hal itu melalui pengalama, seminar, workshop, ataupun mentoring.

Tidak hanya sampai disana, kamu juga bisa mempelajari kisah-kisah sukses orang lain dan mempelajari kegagalan yang mereka alami serta bagaimana cara mereka untuk bangkit dari kegagalan tersebut.

Itulah 6 dari 12 tips jika kamu ingin memulai bisnis kamu sendiri. Kita akan membahas 6 tips lainnya di artikel selanjutnya ya. Selamat mencoba! 

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami