Berbagai Macam Makanan Rumahan yang Bisa Dijadikan Sebagai Bisnis Kecil-kecilan

Berbagai Macam Makanan Rumahan yang Bisa Dijadikan Sebagai Bisnis Kecil-kecilan

Claudia Jessica Official Writer
344

Di tengah surutnya perekonomian, masyarakat dipaksa untuk berpikir kreatif untuk mengatasi kondisi keuangannya. Tidak sedikit orang yang memilih untuk membuat bisnis kecil-kecilan. Salah satunya, bisnis makanan rumahan.

Selain lebih mudah, bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang cukup besar. Dengan peralatan masak sehari-sehari dan keterampilan memasak, kamu sudah bisa memulai bisnis ini.

Nah, makanan apa aja sih yang biasanya dijadikan sebagai bisnis makanan rumahan?

1. Bento

Bento adalah istilah Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bento bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik.

Orang-orang yang tertarik untuk membeli produk seperti ini adalah ibu-ibu muda yang memiliki anak kecil. Anak-anak biasanya pemilih soal makanan. Mereka juga tertarik pada makanan yang terlihat lucu dan menarik.

Kamu bisa menjadikan peluang ini sebagai bisnis kamu. Tawarkan bento dengan bentuk yang beragam dan menarik untuk membuat anak menginginkan makanan kamu.

Kamu bisa menghias nasi jadi berbentuk bintang, dan menjadikan lauk pauk sebagai hiasannya. Usaha ini sangat fleksibel untuk dikerjakan di rumah dan kamu bisa menggunakan jasa ojek online untuk mengirim makanan kamu.

2. Rice bowl atau sarapan

Makanan yang satu ini paling cocok untuk para pekerja kantoran dan mahasiswa yang tidak sempat membuat sarapannya sendiri. Berbagai macam alasan seperti jarak tempuh yang jauh, terlambat bangun, atau tidak bisa masak membuat mereka kesulitan untuk sarapan.

Tawarkan solusi bagi mereka dengan membuka usaha makanan rumahan seperti rice bowl atau menu sarapan seperti ini.

Tidak harus dengan menu yang sulit untuk memiliki banyak pelanggan. Kamu cukup mulai dengan menu sederhana, tetapi buatlah pelanggan kamu ingin memakan makanan kamu lagi dan lagi.

3. Makanan sehat

Sasaran dari bisnis ini adalah orang-orang yang memiliki pola makan yang sehat. Tunjukkan pada calon konsumen bahwa kamu memiliki komitmen yang tinggi mengenai keseimbangan kandungan gizi dalam makanan yang kamu jual. Kamu bisa mulai menawarkan menu ‘diet mayo’ atau menu ‘full protein’.

4. Camilan keripik

Banyak orang yang suka memakan camilan, salah satunya kripik. Dari peluang ini, kamu bisa menawarkan cemilan sehat yang dibuat sendiri tanpa menggunakan pengawet, misalnya keripik.

Ada berbagai macam jenis keripik seperti keripik singkong, keripik tempe, keripik kentang ataupun keripik ubi. Kemudian, kamu juga bisa menawarkan berbagai macam rasa supaya produk kamu memiliki banyak variasi dan konsumen tidak merasa bosan.

Selain bisa dijadikan bisnis, kamu juga bisa mengonsumsinya secara pribadi.


Baca juga:

6 Ide Bisnis yang Lagi Ngetren Tahun 2020, Dicoba Yuk!

7 Kunci Sukses Mulai Bisnis Ala Ruben Onsu, Butuh Kerja Keras Sampai Jadi Diri Sendiri


5. Aneka sambal

Banyaknya orang yang menyukai pedas, tidak kalah dengan jumlah orang yang tidak menyukai pedas. Meskipun sambal terlihat sepele, namun makanan pelengkap satu ini memiliki banyak penggemarnya.

Kamu bisa membuat resep sambal kamu sendiri untuk dijual. Gunakanlah kemasan yang menarik, mudah dipakai dan disimpan. Jangan lupa untuk cek ketahanan sambal selama disimpan.

Nah itu dia berbagai jenis bisnis rumahan yang bisa kamu coba di tengah masa pandemi ini. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami