Ketika Kita Membutuhkan Kebijaksanaan Keuangan

Ketika Kita Membutuhkan Kebijaksanaan Keuangan

Claudia Jessica Official Writer
      962

Amsal 10:22

“Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.”

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 35; 2 Tesalonika 2; Yesaya 23-24

Tuhan berjanji untuk “memenuhi semua kebutuhanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Yesus Kristus” ketika kita mengasihi dan melayani Dia (Filipi 4:19). Tapi bukan berarti Dia melakukannya setiap hari atau bahkan setiap saat.

Terkadang, Dia menggunakan ‘kebutuhan finansial’ kita untuk menguji kita, melatih kita atau bahkan mengajar kita. Terkadang, Dia ingin kita menaati-Nya dengan memberi lebih banyak (Amsal 28:27).

Atau, Dia ingin kita mempercayai Dia untuk semua kebutuhan keuangan kita (Luask 12: 29-31). Di waktu lain, Dia memimpin kita untuk melakukan sesuatu yang berbeda dalam hidup kita, dan inilah cara Dia menarik perhatian kita untuk mengikut Dia (Mazmur 34:10).

Tuhan selalu menginginkan kita mencari Dia terlebih dahulu dari yang lain. Karena ketika kita melakukan itu, kita akan menerima yang kita butuhkan (Lukas 12:31).

Ketika kamu berdoa untuk berkat keuangan, mintalah pada Tuhan untuk menunjukkan apapun yang kamu pelu kamu lihat mengenai keuanganmu.

Apakah kamu mengalami kekurangan? Apa yang akan terjadi? Apa kamu perlu metorong suatu anggaran? Menjalani gaya hidup yang lebih sederhana? Menjual sesuatu? Mengganti pekerjaan? Lebih bijak dalam mengelola keuangan? Memberi lebih banyak kepada-Nya dan orang lain? Atau kamu hanya mencari dia terlebih dahulu untuk segalanya dan belajar untuk bergantung kepada-Nya untuk semua yang kamu butuhkan?

Daud berkata bahwa dia belum pernah melihat “orang benar ditinggalkan atau anak cucunya meminta-minta roti” (Mazmur 37:25). Dia berkata bahwa “tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatu pun yang baik” (Mazmur 34:11).

Biarkan kata-kata itu menjadi dorongan besar bagimu. Tinggallah dalam rencana Tuhan, cari Dia dan rahmat-Nya untuk membimbingmu dalam semua masalah keuangan dan berdoa agar berkat keuangan-Nya tidak membawa kesedihan.

Doa:

Tuhan, aku datang kepada-Mu dengan ucapan syukur untuk semua yang telah Engkau berikan kepada kami, dan bagaimana Engkau telah memberkati dan mendukung kami selama ini. Kuangkat keuangan kami kepada-Mu dan kami berterima kasih atas Firman-Mu yang menjanjikan bahwa Engkau akan memenuhi kebutuhan kami (Filipi 4:19).

Aku berdoa bahwa Engkau akan memberkati kami dengan cukup. Buka gerbang surga dan tuangkan berkat bagi kami. Berikanlah kami kebijaksanaan tentang bagaimana kami harus mengelola semua keuangan dan jauhkan kami dari keputusan yuang bodoh. Berkati pekerjaan kami dengan sukses.

Tunjukkan pada kami, bagaimana kami bisa menghasilkan lebih banyak dan mengatasi keuangan kami dengan lebih efisien. Tunjukkan kepada kami di mana ketidakbijaksanaan kami dalam mengelola keuangan. Tunjukkan kepada kami jika kami melakukan apa yang Engaku kehendaki atau tunjukkan pada kamu tentang apa yang Engkau mau untuk kami kerjakan.

Buka mata kami untuk melihat dimana hidup kami tidak sesuai dengan Firman-Mu mengenai keuangan kami. Beri tahu kami jika kami perlu memberik lebih banyak kepada Engkau atau orang lain. Ajari kami cara menabung, membelanjakan, berinvestasi dan mengatur uang kami dengan lebih baik.

Aku tahu bahwa harta kami yang sebenarnya ada di dalam Engkau. Maafkan kami ketika kami tidak memahami kebenaran itu. Kamu memilih untuk mencari Engkau dan kerajaan-Mu terlebih dahulu dalam hidup kami, percaya bahwa Engkau akan menyediakan semua yang kami butuhkan.

Dalam nama Yesus aku berdoa, Amin.

Diadaptasi dari: The Power of a Praying Wife Devotion © 2011 oleh Stormie Omartian. Diterbitkan oleh Harvest House Publishers, Eugene, OR. Digunakan dengan izin

Ikuti Kami