15 Ayat Alkitab yang Ungkapkan Tentang Makna Pengorbanan, Yuk Renungkan!

15 Ayat Alkitab yang Ungkapkan Tentang Makna Pengorbanan, Yuk Renungkan!

Lori Official Writer
2319

Pengorbanan memiliki makna yang sangat besar bagi orang percaya. Di dalam Perjanjian Lama, kata ‘korban’ identik dengan bentuk penyembahan kepada Tuhan. Hal ini digambarkan dari bentuk korban persembahan yang dibawa oleh Kain dan Habel.

Ada banyak kisah yang menceritakan bagaimana Allah sendiri disenangkan dengan korban persembahan yang dibakar oleh umat-Nya. Seperti orang Lewi yang diharuskan mempersembahkan korban di atas mezbah sebagai jalan perdamaian kepada Allah.

Sementara di Perjanjian Baru, makna korban terus mengalami perubahan objek, dimana korban yang identik dengan hewan persembahan menjadi korban yang digambarkan lewat kematian Yesus di kayu salib. Inilah makna pengorbanan yang sejati di dalam hidup orang percaya.


Baca Juga:

Salib dan Perjanjian Baru Bukti Nyata Pengorbanan Domba Yang Tak Bercela

Yesus dan Perjamuan Kudus, Peringatan Akan Pengorbanan yang Sejati


Di dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, kata pengorbanan, berkorban dan korban sendiri banyak disebutkan. Berikut 15 ayat Alkitab diantaranya:

Kejadian 8: 20

Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah itu.

Mazmur 51: 17

Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

Roma 3: 25

Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

Roma 6: 13

Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.

Roma 12: 1

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Ibrani 9: 28

demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

Ibrani 13: 15-16

Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya. Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah.

Lukas 9: 24

Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya.

Markus 10: 45

Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Efesus 5: 2

dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.

1 Yohanes 2: 2

Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Filipi 2: 17

Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian.

Markus 12: 33

Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan.

Yohanes 15: 13

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

1 Petrus 2: 5

Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

Ambil waktumu sejenak untuk merenungkan pengorbanan Yesus di kayu salib. Kita tidak seharusnya pantas menerimanya karena kita semua adalah orang-orang berdosa. Tapi kasih yang begitu besar mendorong-Nya untuk menjadi korban atas dosa kita sekali untuk selamanya.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami