Terkuak! Trending ‘Kue Klepon Gak Islami’ Rupanya Muncul Gegara Hal Ini…

Terkuak! Trending ‘Kue Klepon Gak Islami’ Rupanya Muncul Gegara Hal Ini…

Lori Official Writer
693

Kue klepon jadi bahan perbincangan di sosial media sebuah postingan mengklaim kalau kue klepon tidak islami. Klaim ini muncul dalam sebuah postingan gambar yang dibubuhi kalimat.

Demikian tulisannya, "KUE KLEPON TIDAK ISLAMI. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami… ABU IKHWAN AZIZ."

Netizen bernama Erwin Rabban II pun menanggapi postingan itu dengan membubuhkan caption dalam postingannya yang menunjukkan ekspresi heran.

“Ya Allah Ya Rabbi. Ya Kareem!!! K-Dron Sejak kapan Makanan Punya Agama?” tulisnya.

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penelurusan, isu kue klepon tidak Islami ini sebenarnya gak punya dasar yang kuat. Tapi hanya sekedar klaim yang dibuat untuk tujuan memancing keributan di media sosial.

“Beberapa warganet bahkan melakukan upaya pencarian terhadap nama ‘ABU IKHWAN AZIZ’ seperti yang tertera di gambar tersebut. Namun hasilnya tidak ada,” tambahnya.

Sementara foto kue klepon yang dipakai sebagai background tulisan adalah milik Pinot Dita, yang diunggah di Flickr.com pada 16 September 2008 silam. Foto itu bahkan dilengkapi dengan keterangan ‘[Indonesian Food] klepon – Sweet Rice Balls Stuffed with Coconut Sugar’.

Sayangnya, banyak netizen yang menduga kalau postingan itu hanyalah ulah dari para buzzer. Tujuannya adalah demi mencari perhatian dan membuat ramai sosial media.

“Heran aja sama buzzer. Urusan yag lebih besar seperti pembahasan RUU HIP, mereka pada mingkem. Giliran bahas HOAX klepon remeh gini, pada keluar kandang semua. Bisa dipahami dong yaa.. Para buzzer dan pengikutnya, kapasitas otaknya seperti apa,” tulis akun Putra Setiawan.


Baca Juga: Soal Aplikasi Alkitab Bahasa Minang, Menkominfo Tak Akan Cabut Karena Alasan Ini…


Walaupun banyak menanggapi dengan serius. Tapi gak sedikit pula yang justru menjadikan klaim ‘Kue Klepon Tidak Islami’ ini jadi bahan candaan. Warganet malah membeberkan beberapa makanan lain yang dianggap haram. Seperti segelas es kopi bertuliskan ‘Atas Nama Bapa, Putra, Roh Kudus’ dan ‘Indomie dengan rasa saksang babi’ buatan Sumatera Utara.

Terlepas dari postingan itu, kue klepon sendiri adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang banyak dijajakan di pasaran. Kue berwarna hijau yang dibubuhi taburan parutan kelapa ini dibuat dari tepung ketan dan dibentuk bulat kecil dengan isi gula merah. Sebutan untuk kue ini pun berbeda-beda di setiap wilayah. Di Sumatra dan Sulawesi sendiri, kue ini disebut onde-onde.  

Sebagai warga negara yang mencintai semua produk olahan negara sendiri, mari jangan cari gara-gara dengan menjelek-jelekkan produk milik negara sendiri. Apalagi itu adalah sesuatu yang sudah melekat kuat di tengah kehidupan masyarakat. Untuk tujuan apapun, mari melawan tindakan menyebarkan isu-isu yang berkaitan dengan agama. Mari membangun dengan menyebarkan postingan yang berguna dan positif.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami