4 Karakter Tak Biasa Ini yang Bikin Daud Jadi Sosok yang Berkenan di Hati Tuhan

4 Karakter Tak Biasa Ini yang Bikin Daud Jadi Sosok yang Berkenan di Hati Tuhan

Lori Official Writer
1129

Daud dikenang sebagai salah satu tokoh besar di Alkitab bukan karena kehebatannya memimpin perang. Atau karena keberhasilannya mengalahkan raksasa Goliath. Tapi dia dikenang karena karakternya yang terpuji.

Kecintaannya kepada Tuhan membuatnya berbeda di mata Tuhan. Hal ini muncul bahkan sejak dia masih kanak-kanak. Tuhan melihat bagaimana Daud selalu taat kepada Tuhan.

"Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku." (Kisah Para Rasul 13: 22)

Daud adalah anak Isai paling bungsu dari 12 bersaudara. Dia menjadi anak laki-laki yang kuat dan pemberani. Sebagai gembala, dia sama sekali tidak takut dengan binatang buas. Dengan berani dia bahkan membunuh mereka dengan kekuatannya sendiri.

Iman dan cara hidup Daud pun mendorong Tuhan untuk memilihnya sebagai raja menggantikan Saul. Karena sejak pertama Tuhan sendiri sudah melihat sesuatu yang berbeda di dalam diri Daud.

Dari semua karakter yang dia punya, ada 4 karakter yang membuat Tuhan terkesima.

1. Beriman Sepenuhnya Kepada Tuhan

Kepercayaan iman Daud sangat jelas terlihat waktu dia berhadapan dengan Goliat. Waktu Goliat meremehkan kemampuannya, Daud justru menyandarkan imannya sepenuhnya kepada Tuhan. Dia percaya bahwa bersama Tuhan dia akan memberikan kemenangan.

Daud mengakui kuasa Tuhan yang tidak terbatas. Karena itulah dia sama sekali tidak takut.

Cara Daud mempercayai Tuhan sama sekali tidak berubah ketika diperhadapkan dengan situasi yang sulit dan buruk. Bahkan waktu dia dikejar-kejar oleh pasukan Saul pun, dia tetap memilih untuk mengandalkan Tuhan.

“Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.” – 1 Samuel 17: 45

2. Penyembah yang Benar

Karakter lain yang membuat Tuhan senang dengan Daud adalah dia selalu menyembah Tuhan dengan dimanapun itu. Dia bahkan tidak malu ditertawakan waktu menari untuk Tuhan di depan umum.

Sejak menjadi gembala sampai dalam pelarian, Daud senang menyanyikan nyanyian pujian-pujian kepada Tuhan. Karakter penyembah inilah yang menyenangkan hati Tuhan. Dia tahu bahwa Daud selalu menyembah dalam roh dan kebenaran.

3. Lekas Bertobat

Walaupun Daud sangat mengasihi Tuhan, tapi sebagai manusia biasa dia juga pernah jatuh dalam dosa. Dia terlibat perencanaan pembunuhan yang bisa dibilang sangat kejam.

Tapi setelah menyadari dosanya, dia pun memilih untuk minta ampun kepada Tuhan. Dia dengan terbuka mengungkapkan dosa itu dihadapan Tuhan dan dengan rendah hati meminta pengampunan.

“Oleh karena nama-Mu, ya TUHAN, ampunilah kesalahanku, sebab besar kesalahan itu.” – Mzmur 25: 11

4. Rendah Hati

Daud adalah salah satu tokoh Alkitab yang dikenal karena kerendahan hatinya. Kemenangan mengalahkan Goliat gak membuat Daud menjadi sombong. Kerendahan hati itu juga terus dia miliki bahkan saat dia menjadi pasukan perang bagi Saul dan kerap mempersembahkan kemenangan bagi bangsanya.

“Siapakah aku ini, ya Tuhan ALLAH, dan siapakah keluargaku, sehingga Engkau membawa aku sampai sedemikian ini?” – 2 Samuel 7: 18

Karakter Daud bisa jadi teladan yang baik untuk kita menjalani hidup. Mari belajar cara hidup Daud dan mintalah Tuhan untuk memberimu iman dan kebesaran hati untuk taat pada kehendak dan rencana-Nya.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami