Tetap Optimis Di Tengah Resesi Yang Melanda Dunia, Indonesia Pasti Bisa

Tetap Optimis Di Tengah Resesi Yang Melanda Dunia, Indonesia Pasti Bisa

Puji Astuti Official Writer
548

Beberapa waktu lalu Singapura menyatakan bahwa negaranya sedang mengalami resesi karena dampak dari lockdown yang dilakukan di negara tersebut. Tak main-main, pertumbuhan ekonomi negeri singa tersebut minus 41,2 persen. Kondisi tersebut lebih buruk dari negara Jepang yang mengalami minus hingga 20 persen. Lalu bagaimana dengan Indonesia yang bertetangga dekat dengan Singapura?

Terdampak namun tak separah Singapura, ini rahasianya

Menurut Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Umar Juoro, Indonesia pasti akan terkena imbas dari negara tetangga kita itu karena Singapura adalah salah satu mitra dagang dan juga investor utama Indonesia. 

"Pengaruhnya terhadap Indonesia tentu besar karena Singapura adalah salah satu rekan dagang dan investor utama di Indonesia. Singapura juga ketat mempersyaratkan kerja sama dengan negara lain yang menerapkan standar tertentu dalam penanganan Covid," demikian pernyataan Umar yang dikutip oleh Liputan6.com. 

Selain itu Indonesia juga sedang menghadapi puncak pandemi COVID-19 yang diperkirakan terjadi pada bulan Agustus-September 2020 nanti. 

"Jika puncak pandemi pada September, maka kemungkinan Indonesia mengalami resesi menjadi semakin besar karena kegiatan ekonomi terutama konsumsi dan investasi sangat terganggu," demikian tambah Umar. 

Tetapi tingkat resesi Indonesia tidak terlalu dalam seperti Singapura, diperkirakan di kuartal II hanya sebesar minum 5 persen, dan di kuartal ke III hanya minus 3 persen. 

Ekonomi domestik jadi andalan Indonesia

Yang membedakan Indonesia sehingga tidak mengalami resesi sebesar Singapura adalah ekonomi Indonesia di dominasi ekonomi domestik, sedangkan Singapura banyak mengandalkan ekspor mereka. 

Untuk itulah Presiden Joko Widodo terus mendorong kabinet menterinya untuk sigap dan memprioritaskan stimulus ekonomi kepada dunia usaha dan perbankan. Hal ini diharapkan dapat terus menggerakan ekonomi domestik, termasuk stimulus yang digelontorkan kepada UMKM. 

Dibalik resesi tetap ada peluang yang bisa ditemukan

Para pakar ekonomi melihat bahwa meskipun ada banyak bidang usaha mengalami resesi akibat pandemi, seperti pariwisata, penerbangan, mal dan restoran, namun ada bidang-bidang usaha yang sedang melejit, yaitu grocery atau e-commerce, obat-obatan, logistik, food delivery, teknologi dan streaming service. 

Baca juga :

- Belajar Beriman di Tengah Krisis Keuangan Seperti Tindakan Berani Janda di Alkitab Ini

- Puji Andriyani, Alami Penyertaan Tuhan yang Begitu Nyata di Tengah Krisis

- Taat Sama Tuhan Meski Keadaan Krisis, Pasangan Ini Akhirnya Menuai Buah yang Manis

Inovasi pun bermunculan, mulai dari makanan beku, ataupun lauk pauk yang diolah sehingga tahan lama, pembelajaran online yang sudah mulai menjadi sesuatu yang umum, menanam sayuran organik di ruang sempit di sekitar rumah dan juga jual beli online dengan berbagai platform. 

Kejelian melihat peluang, berani melangkah dan juga dukungan dari komunitas agar usaha kecil menengah tetap bertahan di masa krisis ini, menjadi kunci agar Indonesia tidak terpuruk di masa-masa sulit. 

Saling tolong, ini waktunya kita bergerak

Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu bangsa yang masyarakatnya murah hati, jadi bertolong-tolongan di masa sulit tanpa peduli latar belakangnya membuat negeri ini bisa optimis bahwa kondisi seburuk apapun bisa dilalui bersama.

Tentunya sebagai orang Kristen kita harus menjadi yang terdepan dalam hal ini, sebab Alkitab menuliskan dalam Galatia 6:2, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.”

Yuk kita saling menolong, lihatlah sekelilingmu apa yang bisa kamu lakukan. Hal ini tidak selalu dalam bentuk materi loh, dengan mempromosikan usaha lokal di sekitarmu, kamu sudah membantu mereka untuk dapat melalui masa-masa sulit ini.

Atau kamu juga bisa menolong mereka yang terdampak oleh pandemi COVID-19 dengan berdonasi dalam gerakan #LOVEINACTION yang akan menyalurkannya dalam bentuk pembagian sembako bagi mereka yang membutuhkan. Info lebih lengkap kunjungi : https://www.jawaban.com/loveinaction/

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami