Claudia Jessica

Official Writer
507


Siapa yang tidak pernah marah? Setiap orang pasti pernah marah, baik itu disengaja atau tidak disengaja dan pastinya Anda  juga pernah dong, termasuk marah kepada anak-anak Anda.

Terkadang menghadapi anak yang sudah memasuki masa remaja  menjadi sebuah tantangan tersendiri, terlebih saat Anda sebagai orangtua sudah lelah karena tekanan dalam pekerjaan. 

Melalui SUPERYOUTH, ternyata ada banyak anak remaja yang menceritakan bagaimana kesulitan mereka menghadapi orangtua yang  tempramen. Bahkan dalam curhat mereka  ada yang mengaku bahwa mereka mengalami kekesaran secara fisik maupun verbal.

Karena begitu tertekannya, tidak sedikit dari remaja ini yang ingin  menghilang saja dari dunia karena tidak sanggup menghadapi kemarahan orang tua mereka terus-menerus. Tonton tayangan di bawah ini:


Lantas apakah orangtua tidak boleh memarahi anak?  

Amsal 29: 15 berkata, "Didikan dan teguran menjadikan orang bijaksana. Anak yang selalu dituruti kemauannya akan memalukan ibunya" (BIS).

Orangtua jelas memiliki hak untuk mendidik anaknya dan meluruskan tindakan mereka yang salah. Tapi harus tetap bijaksana, sehingga sang anak yang sudah menginjak remaja tidak merasa frustrasi, apa lagi sampai depresi. Untuk itu, penting bagi orangtua untuk melakukan beberapa hal ini:

1. Kendalikan Diri

Pengendalian diri sangat penting bagi orangtua, jangan biarkan emosi mengendalikan saat menghadapi buah hatimu, bahkan saat Anda menegur dia. Karena sudah memasuki masa remaja, anak Anda tidak ingin diperlakukan seperti anak-anak lagi. Jadi, mulailah menjadi seorang teman baginya. Ungkapkan apa yang salah, atau hal yang Anda tidak sukai tentang tingkah lakukanya dengan baik-baik, lalu diskusikan bersama cara mengatasinya. Tenangkan diri Anda sebelum berkata-kata atau bertindak sehingga tidak menyakiti hatinya. 

Amsal 16:32 “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan,orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota”

2. Jangan Gunakan Kekerasan

Mazmur 11:5 “TUHAN menguji orang benar dan orang fasik,dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan” (TB).

Bagi banyak orang tua,hukuman fisik jadi salah satu cara untuk membuat anak merasa jera dan takut. Hal itu mungkin juga diwarisi dari orangtua Anda dulu, dan Anda merasa, jika Anda bisa menerimanya dengan baik, maka seharusnya anak-anak Anda juga tidak apa-apa dididik dengan cara demikian.

Namun bagi anak,kekerasan dalam bentuk verbal maupun non-verbal membuat mereka tersakiti. Rasasakit hati yang dipendam akan menumpuk bahkan bisa menimbulkan kepahitan. Untuk itu, pertimbangkan lagi untuk menggunakan kekerasan saat mendidik buah hatimu yang sudah menginjak remaja. Percayalah, bahwa dengan kasih dan kesabaran mereka juga bisa menjadi anak yang baik kok.

Baca juga:

Inilah 4 Cara Mendidik Anak Remaja Yang Orangtua Kristen Tidak Banyak Ketahui!

4 Peranan Orangtua dalam Mendidik Anak Menurut Alkitab. Yakin, Sudah Melakukannya?

Begini 7 Cara Tepat Mendidik Anak Tanpa Harus Hancurkan Karakternya


3. Berani Meminta Maaf

Anak bisa melakukan kesalahan, demikian juga dengan orangtua. Jadi, agar bisa menjadi teladan baginya, jangan malu atau bahkan gengsi untuk meminta maaf kepadanya. Apabila Anda merasa  telah melakukan suatu kesalahan kepada anakmu seperti memarahinya, tunggulah hingga kalian sama-sama tenang lalu datanglah padanya untuk minta maaf. .

Berikan pengertian kepada anak Anda bahwa niat hatimu adalah  untuk mendidiknya dan karena Anda mencintainya. 

Jadi untuk para orangtua, dengarkanlah curhatan para remaja yang dihadirkan dalam Superyouth ini. Hati mereka rapuh, dan mereka sedang memasuki masa pencarian jati diri, tuntunlah mereka dengan kasih. 

Kami juga mengajak Anda untuk memuridkan generasi melalui tayangan SUPERYOUTH ini, Klik Disini Untuk Donasi. 

Sumber : Superyouth | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7239

advertise with us