Ramai Dibicarakan, Benarkah Lagu Lathi Weird Genius Mengandung Unsur Mistis?

Ramai Dibicarakan, Benarkah Lagu Lathi Weird Genius Mengandung Unsur Mistis?

Lori Official Writer
588

Lagu Lathi dari kolaborasi Weird Genius dan penyanyi Sara Fajira lagi ramai diperbincangkan. Selain karena masuk dalam jajaran lagu Indonesia Top 50, lagu ini rupanya mengundang rasa penasaran karena diduga mengandung unsur mistis.

Walaupun lagu ini ditulis dengan lirik berbahasa Inggris. Namun Lathi juga dipadukan dengan unsur musik stradisional Indonesia dengan sebagian liriknya ditulis dalam bahasa Jawa. Seperti kata Lathi yang artinya ‘lidah’.

Menanggapi dugaan unsur mistis dalam lagu ini, salah satu personel Weird Genius Eka Gustiwana menyampaikan kalau lagu itu sama sekali gak ada unsur horornya.

"Gue main jelangkung aja takut, beneran deh. Dulu waktu SD temen gue main, gue pergi. Apalagi bikin lagu yang horor. Nggak ada unsur-unsur horor, kami juga nggak ngerti pas dibilang begitu. Gimana cara bikin lagu horor," kata Eka.

Walaupun Weird Genius dengan tegas menyampaikan kalau lagu itu hanya menggambarkan tentang toxic relationship. Gak bisa dipungkiri kalau saat mendengar dan menyaksikan lagu ini dari video clipnya, jenis tarian dan unsur budaya yang dimasukkan memang terkesan asing.

Wajar kalau banyak orang menilai lagu ini mengandung unsur mistis. Karena sejarah budaya Indonesia sendiri, khususnya tradisi Jawa dan Bali, banyak dipakai sebagai media penyembahan. Apalagi bentuk video yang ditampilkan dalam lagu ini dipenuhi dengan sesuatu yang menyeramkan.

Memakai unsur mistis di dunia musik bukanlah hal yang baru muncul. Bukan hanya di Indonesia, musik dunia sendiri sengaja memasukkan unsur mistis atau pemujaan setan untuk tujuan mendapatkan popularitas. Musik-musik genre pop, rock n roll, jazz dan blues Amerika Serikat sendiri secara terang-terangan mengungkapkan pemujaannya kepada Setan. David Bowie adalah salah satu musisi yang sudah tertarik dengan ilmu hitam sejak masa remajanya. Dia bahkan sering melakukan ritual pengusiran Setan. Sampai kematiannya pada tahun 2016, Bowie sendiri menunjukkan hasratnya akan dunia mistik.

Hubungan antara musik dan dunia mistik memang sudah populer sejak munculnya band-band heavy metal pada tahun 70-an. Black Sabbath adalah band rock yang secara terang meletakkan salib terbalik di cover albumnya. Hal ini menunjukkan bahwa musik mereka memang ditujukan untuk penyembahan setan. Judas Priest, Metallica dan Megadeth juga jadi bagian dari itu.


Baca Juga: ‘Lathi-Weird Genius’ Kisahkan Tentang Toxic Relationship, Apa Saja Tanda-tandanya?


Ada banyak musik dengan unsur mistis yang terdengar asyik di telinga dan tanpa sadar kita justru menikmatinya. Sama seperti kita menikmati film horor dan bahkan menjadi ketagihan.

Karena itulah gitaris Black Sabbath, Tony Lommi menyampaikan idenya untuk membuat musik mengerikan. Sehingga terciptalah riff Black Sabbath yang merupakan riff paling menakutkan yang pernah ada.

“Bukankah lucu bagaimana orang membayar dengan uang untuk menonton film horor. Kenapa kita tidak mulai memainkan musik yang menakutkan?” ucap Tony.

Walaupun di era ini band-band Kristen mulai banyak bermunculan dan menyuguhkan lagu-lagu yang menyuarakan penyembahan terhadap Tuhan. Tapi kita gak bisa pungkiri kalau musik akan selalu dipakai oleh si iblis untuk menarik semua orang untuk menyembah dia. Karena itu, penting bagi orang percaya untuk bisa memilah jenis musik apa yang pantas didengarkan. Baik secara lirik maupun unsur musiknya.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami