‘Lathi-Weird Genius’ Kisahkan Tentang Toxic Relationship, Apa Saja Tanda-tandanya?
Sumber: youtube

Spirituality / 28 May 2020

Kalangan Sendiri

‘Lathi-Weird Genius’ Kisahkan Tentang Toxic Relationship, Apa Saja Tanda-tandanya?

Claudia Jessica Official Writer
4163

‘Lathi’ merupakan lagu dari Weird Genuis, grup musik EDM (electronic dance music) asal tanah air yang beranggotakan dua YouTuber yakni Reza Oktovian dan Eka Gustiwana serta DJ Gerard Liu tengah naik daun beberapa hari terakhir ini.

Mereka juga menggandeng Sara Fajira, vokalis sekaligus rapper asal Surabaya dalam pembuatan single ini. Yang membuat lagu ini unik adalah penggabungan dua Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.

Lagu ini sudah dirilis sejak 28 Februari dan video musik ‘Lathi’ sendiri dirilis di YouTube pada 26 Maret 2020 lalu. Lagu yang mengangkat tema ‘toxic relationship’ ini kemudian mulai viral belakangan ini.

Baca juga: Merusak dan Beracun, Begini Kunci Hadapi Toxic People di Lingkungan Gereja

Dari keseluruhan liriknya, Lathi bercerita tentang kebohongan dan ego dalam sebuah hubungan. Dalam liriknya, terdapat Bahasa Jawa yang mengatakan

'Kowe ra iso mlayu saka kesalahan

Ajining diri ana ing lathi'

Yang memiliki arti

'Kamu tidak bisa lari dari kesalahan

Harga diri seseorang ada pada lidahnya (perkataannya)'

Ini berarti lathi juga menunjukkan keberanian untuk menghadapi hubungan yang tidak sehat. Kemudian, apa saja sih tanda-tanda toxic relationship dan apa kata alkitab soal ini ya?

Hubungan apapun yang menjerumuskan atau membuat kita awalnya menjadi baik kemudian menjadi buruk atau yang awalnya rajin menjadi malas, dikategorikan menjadi toxic.

Kemudian, tanda toxic relationship lainnya yaitu; body shaming, perkataan kasar, tindak kekerasan seperti memukul dan menampar adalah kategori toxic relationship yang dapat membuat kita mengalami kepahitan.

Baca juga: Kenalan Sama Toxic Spending, Mana Nih Yang Kamu Banget Dari 5 Kebiasaan Ini?

Ketika seseorang sudah mendapatkan toxic relationship, dia tidak hanya menjadi rapuh dan rusak, tapi juga berkemungkinan untuk melakukan bunuh diri. Jadi ketika hubunganmu cenderung memberi dampak negatif, artinya kamu tengah berada di dalam toxic relationship.

Ketahuilah bahwa kamu berharga dan kamu tidak layak mendapatkan sesuatu yang toxic seperti itu. Mengapa?

1. Kamu Berhak Bahagia

1 Petrus 4:14 “Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.”

Hidupmu adalah milikmu, kamu berhak untuk menentukan apa yang baik dan tidak tidak. Kamu juga berhal memilih untuk meninggalkan apa yang tidak baik bagimu.

Baca juga: #KataAlkitab REBORN - INI TANDA KAMU BERADA DALAM "TOXIC" RELATIONSHIP

2. Kamu Punya Hak Memilih yang Baik

Seringkali dalam hidup, kita dihadapkan pada pilihan. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui mana yang baik? Berdoa dan minta pada Tuhan agar pilihan kalian tidak salah.

3. Kamu Berharga

Yesaya 43:4a “Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau.”

Kamu berharga di mata Tuhan dan berharga untuk kehidupanmu sendiri. Tuhan tidak mungkin menciptakan kamu tanpa maksud.

Sekalipun kita tengah berada di hubungan yang toxic, Tuhan ada bersama kita. Dia menolong dan mengawasi kita. Mungkin kamu berpikir untuk menjadi penawar diantara ‘racun’ tapi kamu perlu ketahui apakah dirimu mampu atau tidak.

Jika kamu belum sanggup menjadi penawar untuk para racun, sebaiknya mundur dulu daripada kamu yang terkontaminasi oleh racun itu. Segala sesuatu yang sifatnya mematikan seperti itu lebih baik dijauhkan.

 

Ingat bahwa pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik (1 Korintus 15:33).

 

Sumber : berbagai sumber | jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami