Berjalan Dalam Pimpinan Tuhan Sumber :

2 July 2020

 1203
[Daily Devotional]

Berjalan Dalam Pimpinan Tuhan

Kisah Para Rasul 8:26

Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi.

Bacaan Alkitab Setahun  Mazmur 2; Matius 2; 1 Raja-Raja 19-20

Seorang teman menceritakan bahwa ia mendapatkan dorongan dari Tuhan saat ia sedang bekerja. Dia bekerja di panti jompo. Sementara melayani  kebutuhan seorang penghuni panti yang telah lanjut usia, dia merasakan kesan yang kuat untuk berdoa baginya saat itu. Dia berdoa secara teratur untuk orang-orang yang dia layani, tetapi tanpa bersuara, dalam kepatuhan, dia terus berdoa bagi mereka kepada Allah.

Apa yang terjadi selanjutnya adalah bahwa wanita yang tertutup dan memiliki pandangan sayu dari begitu banyak orang tua yang ada di panti itu, mulai berbagi tentang hidupnya.

"Dia baru saja terbuka dan menceritakan banyak hal tentang dirinya sendiri," demikian cerita temanku yang masih muda ini. Meskipun dipenuhi dengan iman yang kuat, dia terkejut  saat ia mendapatkan peringatan ini: Tuhan bersama kita setiap saat dan akan menuntun langkah kita - memberi kita arahan di masa sekarang.

Mengapa kita terkejut dengan bantuan dan arahan-Nya, membuat penasaran. Ada di dalam Firman-Nya bahwa Allah selalu ada dan hadir  bagi mereka yang bergantung pada-Nya:

dan telingamu akan mendengar perkataan ini dari belakangmu: "Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya," entah kamu menganan atau mengiri. (Yesaya 30:21)

Sebuah buku fiksi yang baru saja saya baca menceritakan  satu karakter yang menawarkan pemikiran ini, "Kebohongan besar dari alam semesta yang hancur ini adalah bahwa Allah tidak dapat dipercaya dan bahwa kita harus menjaga diri kita sendiri. Itulah kebohongan yang menyambar Hawa. " (Jake Colsen, So You Don’t Want to Go to Church Anymore)

Itu adalah kebohongan yang dapat menghalangi kita - "Semuanya terserah saya. Saya sendiri. Saya harus mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. " Dan demikianlah godaan untuk tidak berdoa atau berdoa dengan sedikit harapan dan untuk bertindak tanpa mendengarkan bimbingan.

Tetapi Tuhan tahu kebutuhan kita sebelum kita mengatakannya. Dia tahu kebutuhan orang lain dan bagaimana kita bisa bersinggungan dengan mereka. Dia memiliki rencana bukan hanya untuk masa depan yang jauh tetapi untuk hari ini seperti yang Yesus katakan,

“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?; Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari..." (Matius 6:25, 32-34)

Ini adalah langkah besar untuk mempercayai Tuhan - untuk percaya bahwa Dia peduli tentang hari ini dan bahwa dia telah memetakan waktu kita yang 24 jam ini bagi kita, jika kita bersandar pada-Nya.

Kisah  Filipus membantu saya untuk memahami gagasan yang luar biasa ini - bahwa Tuhan memperhatikan kita dari waktu ke waktu dan akan mengatur jadwal Ilahi bersama kita. Filipus, bersama dengan sebagian besar Gereja mula-mula, diusir dari Yerusalem dengan penganiayaan, tepat ketika Gereja mulai meledak dengan pertumbuhan. Filipus saat itu telah menjabat sebagai “diaken.” Ia melarikan diri ke Samaria "diaken untuk musim" ini, di bawah pimpinan Allah, melangkah ke peran sebagai pengkhotbah, tabib, dan pekerja mukjizat yang kuat.

Kemudian, sekali lagi, di bawah pimpinan dan penyediaan Allah, ia mengambil jalan ke padang belantara untuk menjelaskan Injil kepada seorang pria Afrika yang sendirian - suatu masa pelayanan tatap muka  yang mengarah pada pembaptisan pria itu dan beberapa orang berpikir, pergi ke Afrika untuk mengabarkan Injil.

Setelah ini, ada lebih banyak kota. Filipus maju terus tanpa tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Dia menunjukkan kesediaan untuk dipimpin oleh Tuhan setiap hari.

Salah satu perubahan terbesar yang dapat kita lakukan sebagai pengikut Kristus adalah memulai setiap pagi hanya dengan berdoa, “Aku di sini, Tuhan. Apa yang ada di jadwal kita hari ini?" Tuhan akan memberi kesan melalui Firman-Nya, orang lain, keadaan, atau dorongan di hati kita.

Mungkin ada beberapa hal yang sudah pasti pada jadwalmu. Namun, percayalah bahwa di tengah-tengah hal itu, Tuhan akan membawa apa yang tidak kita rencanakan, tidak dapat ramalkan, dan tidak memiliki sumber daya kecuali dengan kekuatan-Nya, membantu kita untuk bangun dengan tenang, dipenuhi harapan, dan siap untuk menyentuh kehidupan lain dengan rahmat-Nya.

Dan jika Anda berada di musim yang sulit, tetaplah fokus dan hadir di saat ini, tidak cemas tentang minggu depan atau tahun depan karena Anda berpegang pada kata-kata Tuhan, "Aku bersamamu," sehingga Anda memiliki kedamaian dan tetap dapat Allah pakai meskipun  dalam badai.

Tuhan, berkati hari ini. Buat kami mencari kehadiran-Mu  dari waktu ke waktu, memercayai Engkau dan cinta-Mu yang tak putus-putusnya. Amin.

Kamu sedang dalam pergumulan dan butuh dukungan doa? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan tim doa kami https://bit.ly/InginDidoakan

Kamu butuh teman curhat dan membutuhkan pertolongan Tuhan? Klik link dibawah ini untuk konseling dengan konselor kami http://bit.ly/inginKonseling

Hak Cipta © Pendeta Pam Morrison, digunakan dengan izin.

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :
Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7239

advertise with us