Tren Microblog Lagi Booming di Instagram, Ini Loh Tujuan dan Manfaatnya!

Tren Microblog Lagi Booming di Instagram, Ini Loh Tujuan dan Manfaatnya!

Lori Official Writer
890

Belakangan ini kalau diperhatikan, ada banyak pengguna sosial media yang mulai mengandrungi microblog.

Sebagian dari kita pasti bertanya-tanya. Apa sih microblog? Dan kenapa media ini jadi tren?

Yuk cari tahu apa dan bagaimana cara kerja microblog.

Pengertian

Microblog sendiri adalah media siaran online dalam berbentuk seperti blog tapi dengan konten yang lebih kecil atau pendek.

Istilah microblog sendiri bukanlah sesuatu yang baru. Melainkan sudah ada beberapa tahun belakangan. Microblog sendiri pertama kali dikenal sebagai tumblelogs. Istilah ini dipelopori oleh blogger bernama Chris Neukirchen Anarchaia pada 12 April 2005 lalu.

Pada tahun 2006 - 2007, istilah microblog dipakai lebih luas untuk situs-situs seperti Tumblr dan Twitter, Tumblr, FriendFeed, Plurk, Jaiku dan Identi.ca.

Setelah itu microblog kemudian dipakai di sosial media seperti Facebook, MySpace, LinkedIn, Diaspora, JudgIt, Yahoo Pulse, Google Buzz, Google+ dan XING.



Tujuan Penggunaan

Lewat microblog, seseorang bisa bertukar konten pendek seperti kalimat pendek, gambar pribadi atau tautan video yang bertujuan untuk mencari popularitas.

Seperti halnya blog artikel, microblog berisi postingan dengan topik-topik yang sederhana tentang keseharian maupun untuk tujuan promosi produk. Seperti mempromosikan situs website, layanan dan produk serta pemasaran bersifat kolaboratif dengan suatu organisasi. Bukan hanya itu, microblog juga banyak dipakai untuk keperluan politik suatu negara.

Penggunaan microblog yang semakin pesat inipun menciptakan revolusi pencarian informasi yang lebih mudah. Bagi perusahaan media, microblog bisa membantu untuk menyebarkan berita yang lebih cepat, informatif dan mengundang pengaruh. Untuk tujuan personal, microblog memberikan seseorang kebebasan untuk membagikan beragam informasi seperti aktivitas kesehariannya maupun bidang skill yang dia kuasai seperti soal dunia desain, keuangan, entrepreneur, motivasi hidup dan sebagainya.


Baca Juga:

Cuma Nganggur Aja di Rumah? Pakai Waktumu Kembangkan Diri Dengan 4 Soft Skill Ini Yuk...

Saat Takut Kekurangan Menyerang, Yuk Dengarkan Nasihat Dari Ayat-ayat Alkitab Ini


Manfaat Penting Microblog

Selain memiliki tujuan tertentu, microblog juga punya manfaat tertentu bagi penggunanya, diantaranya:

1. Menghemat waktu dalam menyediakan konten

Menulis sebuah artikel akan sangat membutuhkan banyak waktu. Tapi dengan microblog, seorang penulis konten hanya perlu beberapa menit saja untuk menulis dan mengembangkan isi konten.

2. Lebih mudah menyaring inti dari sebuah informasi

Karena microblog adalah bentuk sosial media yang populer dan banyak dikonsumsi melalui ponsel, maka penyedia konten bisa lebih mudah menyajikan inti sari informasi kepada pembacanya.

Jadi, pembaca lebih menghemat waktu dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

3. Mempermudah penyediaan konten yang lebih banyak

Alasannya tetap sama bahwa menulis artikel pasti akan membutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangkan microblog hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk menyuguhkan inti informasi kepada pembaca. Jadi, semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk membuat konten maka akan semakin banyak konten yang bisa diproduksi.

4. Lebih mudah berkomunikasi dengan pembaca

Selain lebih mempersingkat waktu pembuatannya, microblogger juga memudahkan untuk pengguna mendorong dan memfasilitasi pembaca dengan interaksi langsung melalui kolom komentar.

Media yang Paling Populer Memakai Microblog

Sejak awal tahun 2020, di Indonesia sendiri microblog sudah mulai populer digunakan di tiga sosial media seperti Twitter, Instagram dan Tumblr.

Jadi, gak heran kalau kamu akan menemukan microblogger baru yang dibuat sesuai dengan tujuan masing-masing pengguna.

Jadi, buat kamu yang mungkin punya website atau pengen meningkatkan brand personal atau perusahaan bisa coba pakai microblog di Instagram.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami