Claudia Jessica

Official Writer
459


China kembali diserang oleh virus. Dilansir dari BBC, para ilmuwan menemukan virus flu yang dibawa oleh babi dan dapat menginfeksi manusia.

Para peneliti menamai virus ini G4 EA H1N1. Virus ini tumbuh dan berkembang biak di sel-sel yang menuju pernapasan manusia. Mereka mengkhawatirkan virus ini bisa menyebar bermutasi dan menyebar dari orang ke orang kemudian memicu wabah global.

Masih belum diketahui apakah manusia memiliki kekebalan terhadap virus ini, atau justru sama sekali tidak punya. Meski saat ini dunia masih berfokus melawan virus corona, kita tetap tidak boleh lengah pada virus baru ini karena virus inu berpotensi menjadi pandemi juga.

Waspada bukan berarti lantas kamu menjadi panik dan ketakutan. Mungkin kamu juga merasakan cemas namun, kita hanya perlu ingat kembali pentingnya antibody. Apapun jenis penyakit atau virus yang mengancam, yang bisa melawan hanyalah antibody.

Dilansir dari Kompas.com yang melakukan wawancara bersama Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, Prof. Dr. Koentjoro, memberikan contoh saat kita bersin, artinya sistem tubuh tengah menolak virus yang masuk ke dalam tubuh.

Antibodi sudah seperti senjata utama untuk menghadapi virus, karenanya sangat penting bagi kita untuk memperkuat antibodi.

"Dengan cara olahraga yang cukup, istirahat yang cukup. Sebetulnya itu, sehingga tidak perlu kita takut secara berlebihan. Selama kita sehat, itu tidak masalah. Vitamin E juga vitamin C itu saja sudah cukup," ujar dia.


Baca juga:

Biar Sistem Imun Kuat Tangkal Virus, Yuk Olahraga Dengan Cara yang Tepat

Selain Enak, 5 Resep Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Lho. Wajib Dicoba


Kecemasan muncul akibat ketakutan dan ketidaksiapan seseorang menghadapi suatu keadaan, dalam hal ini masyarakat mengalami kecemasan karena menirima informasi virus yang ‘mungkin’ berpotensi menjadi pandemi.

Dalam ilmu psikologi, panik atau cemas memiliki peran yang besar dalam pengambilan keputusan dan tindakan seseorang. Maka dari itu, kesadaran untuk tidak panik dalam menghapapi situasi in isangatlah penting.

Matius 6:27 mengatkan "Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?"

Mengapa kamu mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi secara berlebihan?

Ketakutan sering kali menjadi angin yang menyulut kekhawatiran dalam pikiran dan tindakan kita. Apa yang kita perlukan untuk menghadapi situasi ini?


Baca juga: Sering Gelisah dan Khawatir? Imani 14 Ayat Ini Untuk Mendapatkan Ketenangan


Yohanes 14:27 mengatakan "Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu."

Tentu saja kita perlu waspada akan kemungkinan yang mungkin terjadi di masa depan, tapi bukan berarti kita harus menghadapinya dengan khawatir, cemas hingga mengalami kepanikan.

Hadapilah setiap musim dengan damai sejahtera yang Tuhan telah berikan pada kita.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7230

Kanan Agustus