Tinggal Terpisah Dari Orang Tua Karena 3 Alasan Ini, Bijak Gak Sih?

Tinggal Terpisah Dari Orang Tua Karena 3 Alasan Ini, Bijak Gak Sih?

Claudia Jessica Official Writer
546

Mungkin kamu memiliki keinginan untuk tinggal sendiri di tempat yang terpisah dari orang tua. Kemudian kamu bertanya pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah bijak memutuskan untuk pergi dan tinggal terpisah dari orang tua.

Ada begitu banyak alasan mengapa seorang anak ingin tinggal terpisah dari orang tua, terlepas itu berasal dari keinginan diri sendiri yang egois ataupun bijak.

Berikut ini adalah 3 alasan yang dapat diterima jika kamu memutuskan untuk tinggal sendiri terpisah dari orang tua.

1. Pindah Karena Mengikuti Panggilan Tuhan

Beberapa alasan seseorang harus pindah dan tinggal terpisah jauh dari orang tua dikarenakan pendidikan atau bahkan pekerjaan mereka. Kamu mungkin khawatir apakah kamu telah mengabaikan perintah Tuhan untuk menghormati ayah dan ibumu karena harus pergi jauh dari mereka.

Tetapi, Alkitab juga sering kali membicarakan tentang Tuhan memanggil orang untuk meninggalkan segalanya untuk mengikuti Dia.

Tuhan memanggil Abram untuk menjadikannya bapak dari banyak bangsa “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu” (Kejadian 12:1).

Seperti Yesus mengutus kedua belas muridnya, Dia berkata “Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku” (Matius 10: 37-38)

Pergi ke suatu tempat yang jauh dari orang tuamu bisa menjadi bagian dari rencana Tuhan untuk membimbing dan mengajarmu untuk mencapai tujuan Allah. Terkadang Tuhan memang memanggil kita untuk jauh dari keluarga kita.

2. Pindah Adalah Langkah Pertama untuk Transisi ke Fase Kehidupan Baru

Dalam 1 Korintus 13:11, Paulus berkata, "Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu."

Kemudian sudah sewajarnya bagi pasangan menikah untuk pindah seperti yang dikatakan dalam Kejadian 2:24 "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging."

Bukan berarti para lajang tidak boleh meninggalkan orang tua mereka. Kita ditakdirkan untuk dewasa, tumbuh dan terbuka dimana Tuhan memanggil kita.

Bagi sebagian orang, tinggal jauh dari orang tua merupakan langkah yang diperlukan untuk bisa membuat keputusan sendiri. Mereka bertumbuh semakin dewasa dan mengklaim iman mereka sendiri dan membangun system pendukungnya sendiri sebagai orang percaya.

Namun itu bukan berarti seseorang tidak bisa tumbuh dewasa dan memiliki  iman meskipun berada di dekat orang tua. Hanya saja, dengan tinggal terpisah bisa menjadi langkah awal yang membantu.

Baca juga:

Anak Tinggal Jauh Dari Rumah? Biar Ortu Gak Cemas Yuk Lakukan Ini

Sering Bertengkar Sama Orang Tua Karena Tinggal Bareng? Ini Solusinya…

3. Terkadang Pindah Adalah Tentang Mengejar Sukacita

Terkadang, ada orang yang merasa lebih senang dengan hidup bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam hal ini, mereka bisa saja menemukan inspirasi dan kreativitas dengan petualangannya.

Berpindah-pindah bisa menjadi bagian yang menyenangkan dan menggembirakan. Menemukan sukacita dalam keadaan yang kita jalani saat ini, sebenarnya juga diperintahkan oleh Alkitab untuk kita lakukan (Roma 12:12, Yakobus 1: 2-4), tetapi Alkitab juga memberitahu kita bahwa Bapa memberikan hadiah yang baik kepada yang memintanya (Matius 7:11).

Hanya karena kita diperintahkan untuk bersukacita dalam setiap keadaan, bukan berarti kita harus tetap dalam keadaan yang mungkin bukan yang terbaik dari Tuhan.

Jika Tuhan telah memberi kita sesuatu yang membuat kita memuji-Nya dan bersukacita, tidak salah untuk mengejar ini. Meskipun mengejar kesenangan duniawi yang sekilas memang diperingatkan oleh Alkitab, kita harus menikmati karunia yang Allah berikan kepada kita.

Mungkin kamu telah memiliki pergumulan untuk memenuhi panggilan Tuhan yang mengharuskanmu tinggal terpisah dari orang tua dan sekarang kamu telah yakin akan pilihanmu.

Ada beberapa hal yang harus kamu tanyakan terlebih dahulu pada dirimu sendiri, yuk baca artikel ini: Mau Tinggal Terpisah Dari Orang Tua? Ajukan 3 Pertanyaan Ini Pada Dirimu Dahulu

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami