Traveling di Masa New Normal Aman Gak Ya?

Traveling di Masa New Normal Aman Gak Ya?

Claudia Jessica Official Writer
451

Bagi para traveler, terjebak di rumah selama tiga bulan dan tidak bisa melakukan kegiatan eksplorasi mungkin terasa seperti mimpi buruk. Tidak hanya para traveler, pasti juga ada banyak orang yang ingin liburan lagi karena kebijakan lock down telah dicabut dan kita mulai memasuki era new normal.

Sejumlah tempat wisata, mal dan bahkan aktivitas kantor pun telah mulai dibuka kembali. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang harus ditaati.

Nah sekarang bagi kamu yang ingin melakukan traveling juga harus mengikuti protokol kesehatan lho. Tidak cuma pemakaian masker, dan hand sanitizer aja. Ini 11 hal yang perlu kamu perhatikan dan siapkan jika kamu traveling di masa new normal:

1. Destinasi Wisata

Pastikan destinasi yang hendak kamu tuju. Hindari tempat-tempat yang menunjukkan red zone. Pilihkan daerah yang tidak terlalu terdampak covid-19 atau biasa disebut zona jihau.

2. Siapkan Dokumen

Siapkan tempat di mana kamu akan bermalam. Pilihlah tempat yang nyaman dan bersih yang memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) new normal. Perlu diperhatikan juga mengenai informasi resmi terkait syarat dan ketentuan yang berlaku di destinasi yang akan kamu tuju selama masa new normal ini.

Baca juga:

5 Destinasi Traveling Murah, Hanya 750 Ribu Doang. Kuy, Liburan!

4 Benda Yang Tidak Perlu Dibawa Ketika Traveling. Penting Nggak Penting, Harus Rela!

3. New Normal, New Rules

Selama new normal, pasti ada peraturan dan protokol yang berbeda dalam berwisata. Pastikan kamu mengetahui informasi ini sebelum pergi ke tujuanmu. Tempat wisata bisa saja membatasi jumlah pengunjung, pembelian tiket dan lain sebagainya.

4. Gunakan Kendaraan Pribadi

Liburan tidak selalu harus jauh dan tidak selalu harus naik transportasi umum. Cari tahu tempat unik yang berlum pernah kamu kunjungi di sekitar tempat tinggalmu, dan gunakan pribadi agar terhindar dari kerumunan.

5. Hand Sanitizer, Obat dan Vitamin

Mengantisipasi jika tidak ada air atau bahkan kehabisa sabun, kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tanganmu agar bebas kuman. Selain itu kamu juga bisa membawa tisu basah, tisu kering, sabun cair dan disinfektan sendiri. Selain itu, bekali dirimu juga dengan beberapa obat-obatan yang dibutuhkan serta vitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

6. Jaga Pola Makan Sehat dengan Gizi Seimbang

Usahakan untuk makan sehat dan bergizi selama traveling agar tubuh memiliki daya tahan yang kuat dan tak mudah sakit sehingga badan tetap sehat dan fit.

7. Bawa Peralatan Pribadi

Peralatan pribadi yang wajib kamu bawa diantaranya yaitu: tempat dan alat makan, botol minum, sandal dan handuk. Hindari pemakaian bersama dengan orang lain dan jaga kebersihan peralatanmu.

8. Gunakan Masker

Hal yang paling tidak boleh ketinggalan yaitu gunakan masker. Seperti yang kita ketahui bahwa penularan covid-19 tidak hanya melalui sentuhan fisik tapi juga melalui droplet ketika seseorang bicara atau bersin. Gunakan masker untuk membantu kamu agar terhindar dari menghirup debu dan polusi selama perjalanan.

Baca juga:

Back to Office, Ini Aturan New Normal Bagi Para Pekerja

Keluargamu Mulai Jalani New Normal? Yuk Persiapkan Dengan 4 Hal Ini

9. Hindari Destinasi Ramai

Pada umumnya, tempat wisata adalah tempat yang ramai akan pengunjung. Namun, di tengah covid-19 yang merebak ini kita harus menjaga jarak dengan orang lain setidaknya 1 hingga 2 meter. Usahakan untuk menghindari tempat yang ramai, tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh wajah.

10. Transaksi non Tunai

Uang adalah salah satu media penyebaran bakteri dan virus. Minimalisir sentuhan fisik termasuk dengan uang tunai. Gunakan fitur bayar online yang kini banyak tersedia di tempat-tempat wisata.

11. Istirahat yang Cukup

Setelah melakukan liburan yang menyenangkan, tentu juga melelahkan, kamu membutuhkan istirahat yang cukup dan berkualitas supaya kamu tetap sehat dan fit kembali setelah seharian jalan-jalan.

Dengan sebelas tips di atas, semoga kamu bisa melakukan traveling atau liburanmu dengan nyaman dan aman ya. 

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami