Puji Astuti

Official Writer
1419


Bulan Juni sebentar lagi tiba, dan pemerintah sudah mensosialisasikan tentang pemberlakuan new normal dimana masyarakat secara bertahap sudah bisa beraktifitas kembali namun dengan tatanan baru untuk tetap menjaga kesehatan. 

Pertanyaannya adalah apakah keluargamu sudah siap untuk menjalani kehidupan dengan sebuah kebiasaan dan pola yang baru ini? 

Tentu saja mempersiapkan diri untuk hal baru itu penting, terlebih bagi sebuah keluarga yang tinggal dalam satu rumah. Hal ini perlu dilakukan untuk saling menjaga dan tetap bisa produktif dalam masa pandemi COVID-19 ini. 

Situasi ke depan bisa diprediksi tidak semakin mudah, untuk itu penting untuk bisa saling menguatkan dan terjebak dalam stres dan tekanan yang dialami oleh masing-masing anggota keluarga. 

Walau ada banyak hal di luar kendali kita, jangan biarkan imanmu ataupun anggota keluargamu menjadi goyah. Jangan biarkan sukacita kalian dicuri oleh rasa takut, kuatir atau lelah yang kalian alami. 

Ingatlah kebenaran ini, "Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti." (Mazmur 46:2)

Lalu apa yang perlu dipersiapkan bersama sebagai keluarga untuk mulai kembali menjalani aktifitas berdampingan  dengan wabah COVID-19 ini?

1# Tetap jadikan mezbah keluarga sebagai prioritas bersama

Seperti yang dikatakan Mazmur 46 :2 di atas, Allah adalah tempat perlindungan dan kekuatan kita, jadi jangan sampai melupakan prioritas utama dalam kehidupan ini sebagai satu keluarga, yaitu datang kepada Tuhan. 

Baca juga :

Back to Office, Ini Aturan New Normal Bagi Para Pekerja

Hadapi New Normalmu Seperti Tindakan Filipus dan Nathanael Ini

Pastikan mezbah keluarga tetap menjadi prioritas untukmu, untuk pasanganmu dan anak-anakmu. Berbagai upaya yang kita lakukan untuk melindungi diri tak akan berakhir jika kita tidak berlindung pada Tuhan yang hidup. 

2# Edukasi tentang apa itu new normal dan seperti apa protokol kesehatan di dalam dan luar rumah

Memiliki  sudut pandang yang sama itu sangat penting sebagai sebuah keluarga, sehingga tidak menimbulkan perdebatan dan pertengkaran, termasuk tentang new normal dan juga protocol kesehatan untuk di dalam dan luar rumah. 

Buat kesepakatan dengan pasanganmu bagaimana kalian akan memulai new normal itu. Jika kalian berdua bekerja dan harus ke kantor, hal apa saja yang perlu dilakukan saat di rumah, selama perjalanan, saat berada di kantor hingga prosedur saat akan masuk ke rumah. 

Jika anak-anakmu masih kecil, ajarkan kepada mereka dengan cara sederhana apa itu virus COVID-19 dan apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan.  Jika mereka akan kembali ke sekolah nanti, hal apa saja yang perlu mereka ingat untuk dilakukan, seperti menjaga jarak aman dengan teman dan guru, mencuci tangan, dan harus langsung mandi ketika pulang ke rumah. 

3# Menjaga komunikasi dan saling memperhatikan kondisi kesehatan anggota keluarga

Setiap anggota perlu saling mengingatkan tentang menjaga kesehatan, lakukanlah dengan cara yang bijak sehingga tidak membuat orang lain tersinggung. Jika ada yang merasa kurang sehat, segeralah beritahu anggota keluarga yang lain sehingga bisa segera ditangani secara medis dan bisa mencegah kondisi memburuk. 

Tetap saling menguatkan dan membangun, ingatlah bahwa, “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." (Amsal 17:22). Dengan menjaga mood seluruh anggota keluarga selalu bersukacita, hal tersebut juga akan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. 

4# Bijak dalam menggunakan uang dan sumber daya yang dimiliki keluarga

Banyak pihak memprediksi bahwa wabah COVID ini akan berlangsung antara 1 hingga 2 tahun ke depan. Untuk itu penting bagi keluarga untuk tetap berjaga-jaga dan membuat rencana untuk kondisi terburuk seperti memastikan memiliki dana darurat, asuransi kesehatan dan  juga siapa anggota keluarga yang bisa dihubungi jika hal tak terduga terjadi. 

Tentunya untuk membuat perencanaan itu harus ada kesepakatan antara suami dan isteri bahkan anak-anak. Karena selama masa-masa sulit ini, berarti ada berbagai hal yang harus dikurangi demi mempersiapkan payung pengaman saatkondisi memburuk. Diskusikanlah bersama dengan pasanganmu, dan putuskanlah dengan bijaksana bagaimana mengelola sumber daya yang kalian miliki. 

Semoga 4 tips di atas bisa membantu keluargamu untuk memasuki new normal. Tetap percaya bahwa Tuhan memegang kendali atas hidupmu dan melangkahlah dalam iman dan sukacita dari Tuhan. 


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling.

http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2