Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
433


Kitab Pengkhotbah adalah salah satu bagian kitab yang berisi penuh dengan petuah-petuah yang berguna dalam beragam aspek kehidupan.

Gak perlu heran karena penulis kitab ini sepenuhnya adalah Raja Salomo, yang merupakan satu-satunya manusia yang paling berhikmat di dunia. Gak heran kalau kemampuan inilah yang membawa Salomo sukses dalam hidupnya, baik sebagai raja maupun sebagai pengusaha kaya raya.

Kalau kamu menggali kisah Salomo lebih dalam, kamu akan menemukan segudang kebijaksanaan yang bukan hanya sekadar kata-kata, tapi benar-benar diterapkannya saat menjalankan bisnisnya.

Ada 6 tips bisnis yang disampaikan Salomo dalam kitab Pengkhotbah dan yang masih sangat relevan untuk kamu terapkan dalam menjalankan bisnis saat ini.

1. Bekerjalah yang rajin

“Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik.” (Pengkhotbah 11: 6)

Ayat ini mengingatkan kita untuk bangun pagi-pagi benar dan bekerja menabur benih. Artinya kita perlu punya kerajinan dalam bekerja atau membangun bisnis kita setiap hari, lebih konsisten, punya hasrat untuk bekerja lebih banyak dari orang lain. Bukan berarti kamu harus bekerja lebih sibuk, tapi bekerjalah untuk menginvestasikan waktu dan tenaganya dengan bijaksana untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.

2. Jaga reputasi atau nama baikmu

“Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal, dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran.” (Pengkhotbah 7: 1)

Nama baik atau brand yang kamu sandang dalam sebuah bisnis sangat mempengaruhi kesuksesan bisnismu. Jadi jagalah nama nama baikmu. Buat komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dan jauh melampaui harapan waktu kamu menjalankannya. Karena akan lebih baik memberikan harapan yang lebih baik daripada menghancurkan harapan orang lain.

3. Kasih usaha terbaikmu

“Aku tidak merintangi mataku dari apapun yang dikehendakinya, dan aku tidak menahan hatiku dari sukacita apapun, sebab hatiku bersukacita karena segala jerih payahku. Itulah buah segala jerih payahku.” (Pengkhotbah 2: 10)

Apapun bisnis yang kamu kerjakan, lakukanlah dengan sebaik mungkin. Walaupun kamu merasa usaha itu gak akan membuahkan hasil yang banyak tapi Tuhan akan memperhitungkan semua hasil usaha dan jerih lelahmu. Jadi, pastikan semangatmu gak kendor apapun yang terjadi!

4. Jangan tunggu melakukan sesuatu sampai semua kondisi sempurna

“Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai.” (Pengkhotbah 11: 4)

Kamu perlu punya keberanian untuk memulai sesuatu. Jangan pernah menunggu atau menunda untuk mengerjakan apa yang menurutmu akan berhasil. Melangkahlah dengan iman dan jangan biarkan mimpimu dihalangi oleh kondisi sekitar.

5. Enjoy dengan apa yang kamu kerjakan

“Tak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada makan dan minum dan bersenang-senang dalam jerih payahnya. Aku menyadari bahwa inipun dari tangan Allah.” (Pengkhotbah 2: 24)

Kamu gak akan bisa sukses dalam sesuatu kalau kamu gak menikmatinya. Hidup itu singkat. Jadi, gunakanlah untuk melakukan hal-hal yang membuatmu enjoy dan bahagia. Bersamaan dengan itu, pada akhirnya kamu pasti akan mengalami kepuasan yang gak terkira. Percayalah!

6. Kesuksesan sejati datangnya dari Tuhan

“Tak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada makan dan minum dan bersenang-senang dalam jerih payahnya. Aku menyadari bahwa inipun dari tangan Allah. Karena siapa dapat makan dan merasakan kenikmatan di luar Dia? Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah. Inipun kesia-siaan dan usaha menjaring angin.” (Pengkhotbah 2: 24-26)

Gak peduli seberapa suksesnya bisnismu, semua itu gak ada artinya tanpa menikmatinya. Karena itulah Salomo menyampaikan kalau kesuksesan sejati dan sukacita itu datangnya dari Tuhan. Tanpa kehadiran-Nya dalam hidup kita, semua usaha kita hanyalah hal yang sia-sia. Sama seperti usaha menjaring angin, kita gak akan mendapat apa-apa.

Dari enam nasihat ini, mari mengevaluasi motif kita saat membangun bisnis atau usaha yang kita kerjakan sekarang. Apakah kita sudah menghidupi semua nilai-nilai ini dengan benar? Atau kita malah terjebak dengan rutinitas dan ambisi kita yang gak terkontrol.

So, yuk cari usaha apa yang jadi passion kamu dan jalanilah dengan senang hati.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

advertise with us